sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Siang Itu Aku Bertengkar dengan Ayah, Malamnya Beliau Berpulang ke Rahmatullah

Sahabat HaiBunda Jumat, 09 Jul 2021 17:14 WIB
Father and daughter relaxing on a rocky beach by the sea and having time together caption
Jakarta -

Penyesalan memang disebut demikian karena datang belakangan. Ini yang aku rasakan ketika bertengkar denganĀ Ayah di tahun 2010 silam.

Ternyata itu jadi obrolan panjangku terakhirku dengannya. Penuh dengan bentakan, penolakan, dan yang paling sakit aku ingat adalah kebencianku saat itu.

Kejadian ini berlangsung di saat aku baru lulus SMU, Bun. Ayah dari awal sebelum kelulusan sudah minta aku nerusin ke bangku kuliah. Tapi karena kami tinggal di kampung, aku pikir buat apa aku sekolah tinggi-tinggi?


Banner panduan merawat anak terpapar covid-19Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Semua temanku hampir ngga ada yang kuliah karena biaya. Kalau pun ada, mereka ujung-ujungnya hanya mau jadi PNS yang gayanya petantang-petenteng di kampung.

Aku udah niat mau berdagang. Karena nyaris semua anggota keluargaku yang sukses itu jadi pedagang. Paling ngga punya warung kopi yang bisa menafkahi anak-anakku kelak.

Setiap Ayah bilang masalah kuliah, aku hanya diam. Atau paling lihat-lihatan sama Mamak. Mamak tahu aku ngga mau kuliah, tapi Ayah berkeras karena mau lihat anak sulungnya jadi Sarjana.

Kebetulan di bulan Mei 2010 itu ada kakak sepupu Ayahku yang meninggal. Almarhum itu lama merantau ke Jakarta sehingga membesarkan anak-anaknya pun di sana.

Saat meninggal dunia, Beliau dipulangkan ke kampung untuk dimakamkan. Jadilah kami keluarga besar mengadakan pengajian besar-besaran untuk almarhum.

Aku girang karena bakal ketemu kakak-kakak sepupu dari Jakarta. Namun rupanya kegiranganku itu malah berujung pertengkaran hebat dengan Ayah.

Menyesal banget habis itu, Bun. Lihat apa yang terjadi di HALAMAN SELANJUTNYA.

[Gambas:Video Haibunda]



Kata Terakhir Kami Penuh Kebencian
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!