sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Gaji Suami Entah Buat Apa, Aku Sampai Minta Uang ke Ayah Sendiri

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 28 Sep 2022 17:50 WIB
Asian woman with stress, She kept herself alone in her bedroom, Depression. Ilustrasi Cerita Bunda: Gaji Suami Entah Buat Apa/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Panupong Piewkleng
Jakarta -

#HaiBunda Aku ingin berbagi sedikit pengalaman sebagai ibu rumah tangga (IRT) dua anak. Karena baca Cerita Bunda soal suami pelit, kok jadi pingin curhat juga ya.

Suamiku bekerja di RS pemerintah di Bali, sedangkan aku pernah kerja di RS swasta. Setelah menikah dan melahirkan, aku terpaksa resign karena nggak ada pengasuh. Cari pengasuh di Bali agak susah kecuali kita titip anak di TPA.

Selang setahun, aku mencari kerja di klinik supaya nggak dapat banyak shift. Ternyata, aku hamil lagi saat anak pertama berusia 2 tahun. Aku tetap kerja saat hamil, sambil mengasuh anak pertama.


Setelah punya dua anak, benar-benar berat rasanya dan aku nggak bisa bekerja lagi. Urusan rumah dan anak kok kayak nggak pernah selesai. Sampai malam, ada aja yang diurus.

Soal nafkah, sebenarnya dari anak pertama lahir, suami nggak selalu kasih uang bulanan. Hanya di bulan tertentu kasih Rp1 juta. Aku bingung mau bagaimana lagi, uang itu harus cukup untuk biaya dapur, sembahyang, dan bayi.

Sampai sekarang, punya dua anak pun suami nggak kasih uang bulanan rutin. Padahal kalau dihitung, gaji dia Rp5 jutaan untuk bayar cicilan cuma Rp1 juta. Sisanya? Nggak tahu deh, buat apa! Bersyukur, anak-anak full ASI dua tahun, jadi nggak perlu beli susu formula.

Aku sudah minta suami kalau mau pinjam apa pun dan di mana pun harusnya diskusi dulu. Jadi aku tahu, tapi ujung-ujungnya kami malah ribut. Aku lelah, Bun. Dia berusaha membiayai orang tuanya utang, tapi keadaan kita juga nggak sebagus pikirannya.

Bayangkan, zaman sekarang Rp1 juta per bulan untuk biaya listrik, gas, diapers, makan, biaya sembahyang, mana cukup??? Banyak yang bilang, aku nggak bisa dandan atau apalah. Aku diamkan saja! Aku lebih sering menangis di kamar mandi karena sudah lelah.

Minta uang ke Bapak

Terkadang, aku tahan malu minta uang sama Bapak sendiri untuk pegangan atau beli bedak. Yaaa.. Rp100 ribu aja, Bunda. Sebenarnya, aku mau buka usaha, tapi nggak ada modal. Kalau kerja lagi, anak-anak nggak bisa ditinggal.

Kalau titip anak ke mertua, takut mereka jadi kurus. Aku khawatir pola makan mereka cuma yang penting isi perut, bukan nasi tapi jajanan junk food atau susu.

Sedih, Bunda... Aku bingung harus bagaimana lagi. Aku merasa hanya jadi benalu dalam rumah tangga yang bikin suami kesusahan. Aku merasa hidupku benar-benar nggak berguna. Me time pun nggak bisa. Aku pernah pergi ke salon 1 jam cuma potong rambut, eh pulang langsung dijutekin suami. Huft!

Sebenarnya, aku nggak mau menyusahkan suami, makanya lebih sering di rumah. Aku malu keluar rumah karena ngerasa semakin kusam, nggak terawat, kayak nggak pantas aja lah.

Terima kasih ya, Bubun, sudah mau membagikan kisahku. Salam sayang untuk Bunda semua.

-Bunda D, Bali-

Mau berbagi cerita juga, Bun? Yuk cerita ke kami kirimkan lewat email [email protected] Cerita terbaik akan mendapat hadiah menarik dari HaiBunda.

Simak juga cerita ibunda Cinta Laura soal didikan suami yang seorang bule, supaya hidup berhemat, lewat video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!