sign up SIGN UP search

cerita-bunda

Suamiku Diam-diam Banyak Utang, Mantannya Nagih Uang yang Dipakai Saat Pacaran

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 16 Dec 2022 17:25 WIB
Shot of a young woman looking upset after a fight with her partner at home Ilustrasi Cerita Bunda: Suamiku Diam-diam Banyak Utang/ Foto: Getty Images/katleho Seisa
Jakarta -

#HaiBunda awal mulanya, aku kenal dengan suamiku di salah satu mal di Bandung. Waktu itu, suami bekerja sebagai barista di perusahaan food and beverage terkenal. Sedangkan aku hanya seorang SPG biasa.

Kami berteman sangat baik. Sebelumnya, dia sudah punya pacar dan aku juga sudah punya. Tapi, hubungan kami dengan pasangan masing-masing nggak berlanjut lebih serius. Lalu pada Maret 2020, dia chat dan langsung mengajak aku serius.

Aku langsung menerimanya. Sebulan kemudian, kami menikah secara sederhana karena kondisi pandemi COVID-19 lagi gawat-gawatnya. Dia nggak membawakan apa-apa saat menikahi aku, Bunda.


Setelah menikah, kami pindah dari Ciamis ke Bandung. Kami mengontrak rumah di daerah Cicaheum. Beberapa bulan kemudian, aku hamil dan cobaan materi selalu datang. Ternyata, suami selalu memberikan uang ke orang tuanya tanpa aku tahu.

Dia juga beli barang-barang mahal tanpa bilang ke aku. Yang bikin aku kaget, uang kontrakan ternyata belum dia bayarkan selama dua bulan. Padahal, dia bilang sudah dibayar. Dipakai buat apa uangnya???

Ada saja orang tak dikenal menagih sejumlah uang. Aku nggak tahu itu uang apa, berapa, dan dipakai buat apa? Belum lagi motor yang diambil leasing karena nunggak. Dia pun bilang selalu bayar cicilan dan sudah lunas.

Bulan berikutnya, mantan pacar suami menagih uang yang dipakai saat pacaran. Totalnya 2,8 juta rupiah dan dia minta dibayar lunas. Tadinya, aku nggak mau bayar karena nggak tahu uang itu dipakai buat apa aja.

Akhirnya, aku minta keringanan untuk mencicil selama 7 bulan. tapi ternyata, nggak cukup sampai di sini drama suami. Sebagai istri yang lagi hamil, aku merasa dibohongi. Setiap bulan aku nangis kalau mau cek kehamilan nggak ada uang.

Masalah uang memang sensitif ya, Bunda. Apalagi kalau aku harus membayar uang yang nggak tahu dia pakai buat apa. Bahkan beberapa kali, aku sampai nggak punya makanan. Lalu aku lihat gaji suami m-banking, ternyata selalu ada potongan.

Selama ini gajinya dipotong untuk bayar pinjaman total 10 juta rupiah. Itu pun aku nggak tahu! Dia benar-benar menutup rapat semuanya. Sampai saat mau melahirkan, aku harus pinjam sana-sini untuk biayanya.

Saat anak kami sudah lahir, aku niat mau aqiqah pakai uang THR. Ternyata, uang THR sudah habis karena dia kirimkan buat orang tuanya. Tapi alhamdulillah, anak kami bagus rezekinya. Banyak yang kasih uang dan bisa buat biaya aqiqah.

Semoga kejadian ini nggak dialami Bunda ya. Harusnya, suami mencontohkan hal baik dan jujur itu wajib apalagi dalam berumah tangga.

-Bunda E, Bandung-

Mau berbagi cerita juga, Bun? Yuk cerita ke Bubun, kirimkan lewat email [email protected] Cerita terbaik akan mendapat hadiah menarik dari HaiBunda.

Simak curahan hati Sinta 'Keong Racun' yang menanti momongan selama 10 tahun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!