sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Mana yang Efektif Cegah Kehamilan: KB IUD Lapis Tembaga atau Hormon?

Zika Zakiya Kamis, 03 Dec 2020 12:41 WIB
Alat KB IUD caption
Jakarta -

Pilih alat KB yang efektif mencegah kehamilan ternyata harus jeli, Bun. Sebab, harus disesuaikan dengan kondisi tubuh Bunda .

Perlu diingat bahwa setiap alat kontrasepsi memiliki aturan pakai masing-masing dan bila digunakan sesuai dengan aturan pakainya serta memperhatikan kontradiksinya, maka semua kontrasepsi relatif sama efektivitasnya.

Demikian disampaikan dr.Valleria,SpOG dalam sesi Live Chat 'Macam Alat Kontrasepsi, Mana yang Paling Efektif Cegah Kehamilan?' Selasa (2/12/2020) di aplikasi HaiBunda. Dari sesi ini muncul pertanyaan mengenai salah satu alat kontrasepsi yaitu IUD. Berikut kutipannya, Bun:


"Selamat siang, Dok. Izin bertanya benarkah KB IUD dibagi menjadi dua yaitu berlapis hormon dan berlapis tembaga, Untuk keefektivannya lebih baik yang mana? Terima kasih, Dok." - Lucy Permata Dewi

Jawab:
Betul ada dua jenis IUD. IUD yang tanpa hormon yaitu mirena (LNG IUS) dan IUD yang tanpa hormon. Keduanya sama berefek kontraseptif tapi biasanya yang mengandung hormon digunakan atas indikasi.

Holding an IUD birth control copper coil device in hand, used for contraception - side viewAlat KB IUD. (Foto: Getty Images/iStockphoto/flocu)

Ditambahkan dr.Valleria dalam sesi chat ini bahwa tidak ada jangka waktu khusus penggunaan alat kontrasepsi. Karena semua tergantung kebutuhan masing-masing, seberapa lama seseorang ingin menjarangkan kehamilan, tentunya dengan memperhatikan ada tidaknya kontraindikasi.

"Bagi pengguna kontrasepsi hormonal, disarankan melakukan medical check up rutin setiap tahun untuk mengevaluasi adakah kontraindikasi sehingga pemakaian kontrasepsi hormon harus dihentikan," demikian jelas dr.Valleria.

Jika Bunda mau tahu lebih banyak lagi mengenai informasi mengenai Kehamilan, Parenting, dan Menyusui, download sekarang juga aplikasi HaiBunda di Google PlayStore dan iOS.

Simak juga video keluarga seleb, Gunawan dan Lala, yang memilih tinggal di Singapura selama pandemi Covid-19 dan cerita kocaknya di sana. 

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Gunawan



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi