sign up SIGN UP search


kehamilan

Jenis KB Spiral yang Dipercaya Paling Efektif Mencegah Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 08 Nov 2020 09:01 WIB
IUD Intra Uterine Device written in notebook on white table caption

Jakarta - Memilih alat kontrasepsi seringkali membuat kegalauan tersendiri ya, Bunda. Ingin KB suntik takut gemuk, tapi ingin KB spiral khawatir tidak nyaman karena banyak kejadian yang kebobolan juga meski sudah memakainya.

Sejauh ini, KB spiral menjadi alat kontrasepsi yang dimasukkan dalam rahim dan menjadi pilihan pengendalian kelahiran jangka panjang. Alat kontrasepsi ini dikenal lebih efektif bahkan lebih lama dari yang direkomendasikan, seperti dikutip dari laman Reuters.

Alat kontrasepsi ini berbentuk perangkat plastik atau logam kecil yang dimasukkan ke dalam rahim ini, dapat mencegah kehamilan baik membunuh atau merusak sperma dengan melepaskan hormon yang mengentalkan lendir serviks yang tidak memungkinkan sperma untuk keluar.


Ini merupakan jenis kontrasepsi reversibel yang paling efektif, dengan tingkat kegagalan yang lebih rendah daripada pil, implan, ataupun kondom. 

"Rekomendasi tentang penggunaan KB spiral tetap sama selama beberapa waktu. Bahkan, ada temuan yang menyebutkan bahwa perangkat tersebut efektif lebih lama dari yang sebenarnya," ujar Dr Justine P. Wu, seorang peneliti di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School di New Jersey.

Dikatakannya lebih lanjut, KB spiral bentuk tembaga tampaknya menjadi alat kontrasepsi yang efektif setidaknya selama sembilan tahun, tergantung pada mereknya.

Ada pula Mirena, yang berbentuk plastik dapat melepaskan hormon levonorgestrel untuk mencegah kehamilan, yang diketahui efektif selama 5-7 tahun, berdasarkan ulasan yang diterbitkan dalam Journal Contraception.

Melansir Planned Parenthood, KB spiral merupakan salah satu metode pengendalian kelahiran terbaik yang pernah ada dan lebih dari 99 persen efektif. Itu artinya kurang dari 1 dari 100 orang yang menggunakan KB spiral akan hamil setiap tahun.

Jenis KB spiral memang sangat efektif karena tidak mungkin membuat kesalahan. Bunda tidak mungkin bisa terlupa meminumnya (seperti pil), atau menggunakannya secara tidak benar (seperti kondom). Bunda pun dapat terlindungi dari kehamilan selama 24/7 selama 3 hingga 12 tahun, tergantung jenis yang digunakan.

Sebagai alat kontrasepsi, KB spiral berbentuk tembaga juga menjadi alat kontrasepsi darurat paling efektif yang tersedia.  Lalu, Bunda juga dapat meneruskannya untuk mencegah kehamilan hingga 12 tahun lagi.

Tetapi, hal yang perlu diingat bahwa KB spiral ini tidak dapat melindungi Bunda dari PMS. Jadi, jika ingin proteksi ekstra, selain memasang KB spiral, penggunaan kondom sebagai tambahan bisa menjadi cara yang tepat.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak fakta mengenai pil KB dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi