sign up SIGN UP search


haibunda-squad

6 Manfaat Menggambar & Mewarnai untuk Tumbuh Kembang Anak, Simak Bun

Muhayati Faridatun Senin, 04 Jan 2021 16:03 WIB
Lomba menggambar dan mewarnai bersama HaiBunda caption
Jakarta -

Salah satu kegiatan menyenangkan bagi anak-anak adalah menggambar dan mewarnai. Tapi tahukah, Bunda, aktivitas ini ternyata banyak manfaatnya lho untuk tumbuh kembang anak.

Dijelaskan psikolog Thalia R. Goldstein, Ph.D., dan Dr.Jeremy Sawyer, anak-anak mulai usia 1 tahun dan sepanjang masa kanak-kanak, menghabiskan waktu berjam-jam untuk mewarnai, mencoret-coret, dan menggambar semua jenis gambar yang realistis dan fantastis.

"Gambar anak-anak sering kali mencolok secara visual, dan telah lama membuat para psikolog terpesona, melihat di dalamnya ada petunjuk tentang kepribadian, emosi, dan perkembangan mental," tulis Goldstein dan Sawyer, dikutip dari Psychology Today.


Kedua psikolog ini juga meyakini, gambar adalah jendela anak-anak menuju kreativitas luar biasa dan kepekaan artistik yang berkembang. Menggambar juga bisa meningkatkan kesadaran spasial anak-anak, Bunda. Bahkan, bisa membantu anak-anak mengatur emosi selama masa stres.

Psikolog Lev Vygotsky juga menulis, "Menggambar adalah bagian dari sistem komunikasi simbolis yang mencakup berbicara, membaca, dan menulis sebagaimana diungkapkan melalui perkembangan."

Perlu Bunda tahu juga, coretan-coretan dan sketsa yang dibuat Si Kecil berfungsi sebagai jembatan perkembangan antara bentuk bahasa dan tulisan. Nah, berikut HaiBunda rangkum dari Kidscountryinc, 6 manfaat menggambar dan mewarnai untuk tumbuh kembang anak:

1. Mengembangkan keterampilan motorik halus

Keterampilan motorik halus mencakup semua gerakan khusus tangan, pergelangan tangan, dan jari. Anak memegang alat tulis jadi salah satu cara terbaik meningkatkan keterampilan motorik halus.

Menggambar menciptakan umpan balik visual langsung, yang berubah tergantung pada alat yang anak gunakan dan bagaimana dia menggunakannya. Umpan balik ini membantu anak mengidentifikasi cara terbaik untuk mendapat hasil yang diinginkan.

2. Mengembangkan analisis visual

Anak-anak kecil belum paham beberapa konsep yang mungkin dianggap remeh orang dewasa, seperti jarak, perbandingan ukuran, dan perbedaan tekstur. Dengan menggambar, anak punya kesempatan mempelajari konsep-konsep ini dengan cara disengaja.

Saat Bunda meminta Si Kecil menggambar benda-benda, terutama yang saling berhubungan, bisa membantunya melakukan analisis visual mendasar dari ruang sehari-hari. Ajak lah anak menggambar beda besar dan kecil, kasar dan halus, atau jauh dan dekat.

3. Membantu membangun konsentrasi

Karena kebanyakan anak suka menggambar dan mewarnai, kegiatan ini akan memberikan waktu untuk membangun konsep konsentrasi dan latihan. Konsep ini sangat penting, Bunda, terutama untuk keberhasilan akademik anak.

4. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Selain meningkatkan keterampilan motorik halus, kegiatan menggambar dan mewarnai bisa melatih anak menggambar hubungan antara apa yang dilihat dan apa yang dilakukan. Koordinasi mata dan tangan ini penting dalam situasi atletik dan rekreasi, serta dalam akademik seperti menulis.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Setelah menggambar dan mewarnai, Si Kecil mungkin akan mengatakan, 'Lihat, Bunda, apa yang aku buat. Warnanya bagus kan?'. Dengan diberi kesempatan membuat representasi fisik dari imajinasi, pikiran, dan pengalamannya, dia akan mendapat kepercayaan diri. Ini bisa membuatnya lebih percaya diri di bidang lain, Bunda.

6. Berlatih memecahkan masalah secara kreatif

Seiring dengan analisis visual dan konsentrasi, menggambar bisa membantu Si Kecil memecahkan masalah secara kreatif. Karena saat menggambar, dia harus menentukan cara terbaik untuk menghubungkan bagian tubuh, menggambarkan emosi, dan menggambarkan tekstur tertentu.

Banyak sekali kan, Bunda, manfaat menggambar dan mewarnai untuk tumbuh kembang anak? Kalau ingin mengasah kreativitas Si Kecil, yuk ikutan lomba menggambar dan mewarnai bersama HaiBunda. Lihat syarat dan ketentuan dengan klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Simak juga cara menarik tumbuhkan minat baca anak selama pandemi, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi
Lomba menggambar dan mewarnai bersama HaiBunda
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi