sign up SIGN UP search


parenting

Anak Usia 5-12 Rentan Stres Saat Pandemi, Ini Tips Mencegahnya Bun

Muhayati Faridatun Minggu, 20 Dec 2020 20:09 WIB
Boredom. Upset girl suffering from mom indifference, laying on kitchen table, mom working with laptop, panorama, free space, cropped caption
Jakarta -

Bunda merasa gampang stres saat pandemi Corona? Kondisi ini memang membuat orang dewasa cepat lelah secara mental. Tapi, anak-anak juga bisa mengalaminya lho.

Terutama anak usia 5 hingga 12 tahun, yang biasa bersosialisasi dengan teman-teman di sekolah. Selama pandemi COVID-19, aktivitas mereka terbatas hanya di rumah, belajar online, dan bermain pun tak boleh keluar.

Wajar kalau mereka cepat bosan saat harus mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Seperti diceritakan Bunga Zainal, putra sulungnya yang berusia 10 tahun sempat syok di awal pandemi COVID-19 karena tak bisa ke sekolah.


"Di awal PJJ ini cukup syok juga, kaget. Tapi makin ke sini, mereka sudah bisa beradaptasi," kata Bunga Zainal, dalam acara DANCOW Parent Fest Vol. 2 Bersama detikcom, Sabtu (19/12/2020).

Ia mengatakan, keseharian sang anak banyak berubah selama pandemi ini, Bunda. Sehingga, putranya tak bisa bersosialisasi dengan teman-teman dan lingkungan. Karena sebelum pandemi, jadwal sekolah sang anak sangat padat dari pukul 7.30 pagi hingga pukul 4 sore.

Bunga pun mengaku sempat stres saat mendampingi anak belajar online. Biasanya, istri produser film Sukhdev Singh ini mengisi hari dengan berbagai kesibukan, termasuk mengantar anak ke sekolah.

"Dengan kondisi PJJ ini, peran saya sebagai seorang bunda sangat diuji. Harus meluangkan waktu, mendukung anak-anak bisa belajar dan mendampingi mereka," ujarnya.

Sementara itu, Bunga merasa bersyukur karena kedua anaknya laki-laki. Jadi selama di rumah saja, mereka bisa main bersama, saling berbagi mainan, dan saling memberi dukungan saat harus belajar online.

"Aku bersyukur, anak-anak bisa saling melengkapi," ucapnya.

Nah, kalau Bunda ingin tahu cara tepat mendampingi anak usia 5 hingga 12 tahun belajar, pemerhati pendidikan anak, Damar Wijayanti, SIP., Dipl. Edu. Montessori, kasih saran nih.

Yuk, BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Simak juga cara asik menumbuhkan minat baca anak saat pandemi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner menyusuiFoto: HaiBunda



Pahami karakter anak usia 5 - 12 tahun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi