sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Benarkah Bumil yang Benci Seseorang Akan Membuat Si Kecil Mirip Orang Tersebut?

Zika Zakiya Sabtu, 20 Feb 2021 11:31 WIB
Ilustrasi hamil caption
Jakarta -

Pernahkah Bunda mendengar mitos dari judul artikel ini? Ada mitos yang kuat di masyarakat kita bahwa ibu hamil yang membenci seseorang akan membuat Si Kecil nantinya lahir mirip orang tersebut.

Benarkah mitos ini? Dijawab oleh dr.Ilham Utama Surya Sp.OG dari RSCM bahwa ini adalah mitos. "Dari sisi ilmiah, pembentukan wajah, mata, tulang itu berdasarkan kromoson ibu dan bapaknya," ujar dr.Ilham saat menjadi pembicara di 'Bumil Time' yang ditayangkan HaiBunda secara Live, Sabtu (20/02/20210).

"Saat trimester satu atau dua, janin akan membentuk wajah ibu dan bapaknya. Jadi jika seseorang yang dibenci itu masih memiliki hubungan darah dari ibu dan bapaknya, maka masih mungkin akan mirip. Tapi jika tidak, jauh kemungkinan itu akan terjadi," tegasnya.


Selain mitos ini juga dibahas mengenai fakta mengenai nanas yang dianggap bisa membuat janin cacat bahkan keguguran. Tapi, ini juga kembali dijawab sebagai mitos.

Ditegaskan dr.Ilham, belum ada fakta ilmiah kuat yang menegaskan mitos bahwa nanas menyebabkan keguguran. "Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan itu (keguguran) mungkin saja karena nanas memang mengandung zat aktif yang bisa memicu kontraksi rahim. Tapi saat ini masik kurang bukti ilmiah bahwa nanas menyebabkan keguguran," tambahnya.

Dr.Ilham Utama Sp.OG di Bumil TimeDr.Ilham Utama Sp.OG di Bumil Time/ Foto: Bumil TIme

Fakta yang sesungguhnya untuk menjaga kesehatan kehamilan adalah dengan makan makanan bergizi, berwarna, dan tidak menggunakan pengawet. Selain itu juga tidak boleh mengandung vetsin atau pun olahan tepung.

"Setelah merawat kehamilam, juga perlu mengontrol kehamilan. Kemenkes dan WHO menyarankan kunjungan minimal untuk kontrol kehamilan adalah 6 kali, kalau bisa 8 kali itu akan jauh lebih baik," ujarnya.

Talk show bersama dr.Ilham ini merupakan bagian dari 'Bumil Time' yang berlangsung sejak pukul 10.00 - 13.00 WIB di HaiBunda. Sebelum sesi ini, sudah lebih dulu sesi prenatal yoga bersama Amanda Soedharma dari Natura Yoga.

Setelah sesi dr.Ilham, dilanjutkan dengan fashion hack bumil bersama Didiet Maulana dan seleb cantik, Audi Marissa. Lalu disambung dengan Persiapan Perawatan Bayi Baru Lahir bersama Bidan Novelia Citra Resmi dari RS Persada Hospital. Lalu lanjut dengan

Eits, tidak ketinggalan juga dengan ngobrol bareng Bidan Novel yang tenar dengan teknik tiup-tiup untuk berbincang mengenai Melahirkan Nyaman Minim Trauma.

Nah, dengan pemateri sekeren ini jangan sampai Bunda ketinggalan ya. Yuk saksikan LIVE STREAMINGNYA denganĀ KLIK DI SINI.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi