sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Bolehkah Ibu Hamil Trimester 2 Makan Sushi? Simak Saran Dokter Ya Bun

Annisa Karnesyia Minggu, 28 Feb 2021 11:10 WIB
HaiBunda Squad caption
Jakarta -

Ngidam selama hamil seringkali sulit untuk dikendalikan ya, Bunda? Apalagi jika kita ngidam makanan seperti sushi.

Seperti kita tahu, sushi adalah makanan olahan ikan mentah yang sering disajikan di restoran Jepang. Padahal, makanan mentah diyakini sebagai salah satu pantangan bagi ibu hamil.

Ada mitos mengatakan, ibu hamil di trimester kedua sudah boleh makan sushi atau makanan mentah lainnya karena kandungan sudah lebih kuat. Benarkah mitos ini?


Dokter Spesialis Gizi Klinik Persada Hospital, dr.Maretha Primariayu, M.Gizi., Sp.GK., mengatakan bahwa makanan mentah tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil di trimester berapa pun. Sebab, ada risiko makanan tersebut terpapar parasit dan bakteri, Bunda.

"Tetap kalau makanan mentah kan kita tidak tahu diolah ada atau tidak kandungan parasit atau bakterinya. Jadi, tetap konsumsi proteinnya yang sudah matang, di trimester berapa pun," kata dr.Maretha, saat menjadi pembicara di HaiBunda Squad Online: Gizi Terbaik untuk Bunda Hamil, yang ditayangkan HaiBunda secara live, Minggu (28/2/2021).

Dokter Maretha mengingatkan, jenis protein yang tidak boleh dimakan termasuk menu yang dilarang dikonsumsi ibu hamil. Makanan tersebut bisa berbahaya untuk janin jika mengandung parasit dan bakteri, Bunda.

Banner kiat khusus merawat janda bolongBanner kiat khusus merawat janda bolong/ Foto: HaiBunda

"Makanan yang dilarang termasuk protein yang dimasaknya tidak matang. Kalau tidak matang, mengandung parasit seperti toksoplasma, bakteri listeria, dan salmonella," ujar Maretha.

"Bakteri dan parasit yang masuk tubuh dapat menimbulkan penyakit, risiko kecacatan, bayi lahir prematur, berat badan lahir rendah, dan bahaya yang tidak diinginkan adalah bayi dilahirkan dalam keadaan meninggal," sambungnya.

Dalam sharing bersama HaiBunda ini, dr.Maretha juga menyampaikan bahwa para Bunda wajib memenuhi asupan energi dan kalorinya selama hamil. Nutrisi penting ini bisa dipenuhi dari makanan yang mengandung zat makronutrien dan mikronutrien.

Nutrisi makronutrien dan mikronutrien harus dipenuhi untuk mendukung perkembangan janin. Selain itu, bumil juga enggak boleh lupa memenuhi kebutuhan cairannya ya.

Sharing bersama dr.Maretha merupakan rangkaian acara HaiBunda Squad Online yang membahas tentang gizi terbaik untuk bumil. Selain sharing bersama dr.Maretha, ada juga sharing bersama Holistic Health Coach and Nutritionist, Melissa Senduk.

HaiBunda Squad Online berlangsung mulai pukul 10.00 WIB di HaiBunda. Dalam sesi ini, Bunda bisa bertanya kepada dua narasumber tentang gizi ibu hamil dari segi medis dan holistic.

Nah, jangan sampai ketinggalan keseruan acara gathering, sharing, dan playing ini ya, Bunda. Yuk saksikan LIVE STREAMINGNYA dengan KLIK DI SINI.

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi