sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Mau Tanya Dokter soal Mitos Vs Fakta Kehamilan? Yuk Ikutan Bumil Time

Muhayati Faridatun Kamis, 18 Feb 2021 15:21 WIB
Doctor with a pregnant woman in medical masks during an examinations. Concept of new rules for the use of masks in medicine after or during a pandemic caption
Jakarta -

Bunda sering mendengar berbagai mitos kehamilan? Ada yang mengatakan kalau ibu hamil suka makan asin tandanya mengandung bayi laki-laki. Sedangkan ibu hamil yang hobi makan manis pertanda bayinya perempuan.

Ada lagi yang bilang, proses melahirkan yang mudah itu karena faktor keturunan. Tak sedikit juga yang meyakini, ibu hamil yang suka makan pedas akan mempercepat kelahiran bayi. Katanya juga nih, ibu hamil enggak boleh mengecat rambut.

Duuuh, bingung enggak sih? Bubun juga sering dengar lho, ada yang bilang kalau ibu hamil hobi minum es bisa bikin janin membesar. Pokoknya, masih banyak lagi deh kata banyak orang seputar ibu hamil dan kehamilan.


Kadang, ibu hamil jadi parno lho karena dilarang ini dan itu, atau malah dianjurkan makan dan minum yang belum tentu kita suka. Apalagi kalau ibu hamil mengalami morning sickness di trimester pertama, lalu berat badan turun.

Dijelaskan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG., morning sickness memang sangat mengganggu ibu hamil. Makan apapun rasanya tidak enak dan selalu ingin muntah.

"Hal tersebut dapat disiasati dengan makan sedikit tapi sering, jauhi makanan berbau dan merangsang," ujar dokter Ilham kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Nah, untuk mengurangi rasa mual, bolehkah ibu hamil mengonsumsi jahe? Benarkah jahe bisa membuat perut ibu hamil panas dan membahayakan janin? Supaya enggak bingung lagi seputar mitos vs fakta kehamilan, yuk tanya langsung ke dokter Ilham di event Bumil Time, pada Sabtu, 20 Februari 2021, yang tayang live streaming di HaiBunda.com, mulai pukul 10.00 WIB.

Dokter Ilham akan menjawab sederet pertanyaan ibu hamil dalam talk show: Mitos dan Fakta Kehamilan. Selain itu, banyak acara seru lain yang bisa bumil ikuti. Apa saja? Lihat selengkapnya di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi