sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Hak Anak Berkebutuhan Khusus dalam Meraih Pendidikan, Bunda Wajib Terlibat

Zika Zakiya Kamis, 11 Mar 2021 14:17 WIB
Ilustrasi anak berkebutuhan khusus caption
Jakarta -

Meski seorang anak memiliki kondisi berkebutuhan khusus, bukan artinya dia tidak berhak memperoleh pendidikan. Malah nih Bun, orang tua adalah pihak yang paling wajib terlibat dalam memilih pendidikan yang baik untuknya.

Demikian hasil perbincangan via Kuliah WhatsApp bersama Dra.Festa Yumpi M.Psi selaku Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur. Kulwap ini kami selenggarakan pada Rabu malam (10/02/2021) bersama para Bunda komunitas dengan tema 'Menjadi Orang Tua Optimis untuk Anak Berkebutuhan Khusus'.

Salah satu pertanyaan yang muncul berasal dari Bunda Amalia Husna yang memiliki anak berusia empat tahun. Bunda Amalia menanyakan, apa saja hak dalam memperoleh pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)?


Banner Bunda Tajir

"Setiap anak berhak tumbuh dan berkembang dan tugas orang tua berusaha memenuhi kebutuhan pendidikan tersebut. Termasuk mencari sekolah yang mempunyai fasilitas sesuai dengan kondisi anak," demikian jawab Festa.

"Namun bila tidak ada sekolah yang bisa menerima karena keterbatasan fasilitas dan tenaga, sekarang sudah ada solusi homeschooling. Dalam program ini orang tua bisa proaktif berpartisipasi dalam pendidikan ABK," tegasnya lagi.

Dengan begitu terpapar bahwa peran orang tua adalah yang terpenting ya, Bun. Namun, dikatakan Festa juga, harus ada ada ekspektasi yang realistis. Sehingga bila sesuai akan ada rasa optimis dan sejahtera bagi Bunda dan Si Kecil.

Selanjutnya adalah membangun, memberi rasa aman, dan penerimaan pada anak serta menghargai anak dalam setiap capaian. "Pendidikan yang sesuai adalah pendidikan yang memperhatikan profil perkembangan dan pertumbuhan anak, selanjutnya dibuatkan program individual yang sesuai," demikian tutup Festa.

Bunda yang mau bergabung dengan perbincangan menarik macam ini, tungguin ya HaiBunda Squad Kulwap berikutnya. Promo dan temanya akan kami sebarkan di media sosial. Dadah Bunda :)

Oiya simak juga video berikut mengenai cerita Bunda Joanna Alexandra soal anak bungsunya yang terpapar penyakit langka.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi