sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Anak Berkebutuhan Khusus Jadi Jalanmu Menuju Pintu Surga, Bunda

Zika Zakiya Kamis, 11 Mar 2021 15:30 WIB
Ilustrasi anak berkebutuhan khusus caption
Jakarta -

Anak berkebutuhan khusus (ABK) bisa memberi kebahagiaan. Bahkan ABK menjadi sosok soleh yang membukakan pintu surga untukmu, Bunda.

Begitu pesan yang disampaikan via Kuliah WhatsApp oleh Dra.Festa Yumpi M.Psi selaku Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur. Kulwap ini kami selenggarakan pada Rabu malam (10/02/2021) bersama para Bunda komunitas dengan tema 'Menjadi Orang Tua Optimis untuk Anak Berkebutuhan Khusus'.

Pesan ini menjawab pertanyaan dari Bunda Euis, 26 tahun, dengan anak berusia 9 bulan. Bunda Euis bertanya,"Bisakah mengharapkan anak ABK menjadi anak saleh yang membahagiakan?"


Banner Bunda Tajir

"Bisa banget, Bun. Gunakan meaning yang powerful ya, Bun, yaitu meaning yang bersumber dari kita suci agar Bunda menemukan makna menjadi orangtua pilihan," ujar Festa.

Dalam risetnya, Festa menemukan sejumlah meaning atau makna memiliki ABK, misalnya;

"Anaku menjadi jalan pintu surgaku."

"Aku adalah orangtua pilihan karena Allah menilai aku mampu mengemban amanah ini, Insya Allah menjadi amalan dan penuh hikmah"

"Allah tidak memberi ujian melebihi kemampuan hambaNya"

Itu adalah contoh contoh nilai-nilai religiusitas sebagai belief system yang bisa menjaga optimisme orangtua.

Sejumlah siswa berkebutuhan khusus mengikuti kegiatan pelatihan kerajinan. Kegiatan tersebut digelar untuk memberikan bekal keterampilan dan menyiapkan kemandirian.Ilustrasi anak berkebutuhan khusus/ Foto: Grandyos Zafna

Sedangkan dari sisi makna sendiri, anak berkebutuhan khusus adalah keadaan anak yang mengalami gangguan perkembangan syaraf pada masa kanak-kanak yang berpengaruh pada gangguan kognitif, emosi, dan motorik. Sehingga anak mengalami kesulitan dalam menjalani penyesuaian di dalam interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku.

"Mereka mengalami keterbatasan emosional dan gangguan secara adaptif," demikian tutup Festa.

Tema-tema spesial sesuai dengan kondisi dan permasalahan Bunda seperti ini kerap menjadi tema dari Kulwap HaiBunda. Untuk Bunda yang mau ikut bergabung dengan perbincangan menarik macam ini, tungguin ya HaiBunda Squad Kulwap berikutnya.

Sebagai penutup, simak juga Bun kisah Joanna Alexandra yang putri bungsunya mengidap penyakit langka.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi