sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Jika Terkena Covid-19 Apakah Tetap Boleh Mengonsumsi Pil KB? Simak Jawaban Dokter

Zika Zakiya Jumat, 23 Apr 2021 12:07 WIB
Sick young woman suffering from migraine or headache hold glass of water and painkiller medicine considering having pill, unwell millennial girl feel sad pondering taking antidepressant medication caption
Jakarta -

Pandemi Covid-19 memang tidak pandang bulu, Bun. Tua-muda, kaya-miskin, semua bisa dijangkitinya. Termasuk Bunda.

Jika Bunda termasuk salah satu pasien atau pernah terkena penyakit ini, apakah tetap boleh mengonsumsi Pil KB? Bagaimanakah dengan efektivitasnya?

Pertanyaan ini muncul dalam sesi Kuliah WhatsApp HaiBunda bersama Pil KB Andalan, Kamis (22/04/2021) bersama dr. Darrel Fernando, Sp.Og bertema "Kontrasepsi Aman, Puasa Lancar". Berikut kutipan pertanyaan salah satu Bunda mengenai kondisi di atas:


Banner HaiBunda Hari Kartini 2021Foto: Mia Kurnia Sari

"Jika ada pengguna Pil KB terkena covid 19, apakah dapat menganggu efektifitas PIL KB itu sendiri?" - Elda Febriyanti, 31 thn.

Jawab:

Jika terkena COVID-19, harus dipastikan dulu COVID-19 nya sembuh dan tidak berdampak pada pengentalan darah karena COVID-19 bisa menyebabkan pengentalan darah. Apabila ada pengentalan darah yang ditandai dengan d-dimer yang tinggi, maka tidak dianjurkan sementara waktu menggunakan kontrasepsi yang hormonal, termasuk pil KB.

Close up hand contraceptive pill and condom on with colorful pills strips. Contraception reduces childbirth and pregnant concept.Ilustrasi Pil KB/ Foto: iStock

Lalu muncul juga pertanyaan mengenai pil KB darurat. Apakah Bunda pernah bingung dengan cara konsumsinya? Simak jawabannya berikut ya, Bun.

"Halo Dokter Darrell, kalau kita lupa minum pil KB sudah lebih dari 24 jam, lalu langsung berhubungan, apakah pil KB darurat itu bisa diminum langsung setelah berhubungan dibarengi pil KB yg regulernya atau bagaimana dokter?" - Aulia Risma R,30 tahun,Jakarta

Jawab:
Hi Bunda Risma
Kalau lupa lebih dari 24 jam dan sudah berhubungan, segera konsumsi pil KB biasa begitu ingat. Dan, pil berikutnya tetap diminum pada jam yang seharusnya. Tidak perlu konsumsi pil KB darurat, kecuali lupa minum pilnya lebih dari 2 pil (2 hari).

Demikian Bun, kutipan dari Kulwap yang berlangsung bersama komunitas HaiBunda. Bunda yang bergabung dengan komunitas kami bisa langsung saja klik di sini.

Nantinya akan banyak acara yang kami share di sana sesuai dengan kebutuhan Bunda. Sampai ketemu di acara berikutnya ya, Bun.

Oiya, Bunda yang penasaran keseruan acara kami, intip dulu yuk di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi