sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Bunda, Begini Cara Tepat Menggunakan Pil KB Saat Puasa

Muhayati Faridatun Kamis, 22 Apr 2021 12:30 WIB
Young happy smiling mixed race woman sitting on a sofa at living room, holding glass of pure water, taking daily vitamin d, c complex, supplements for hair, skin and nail strengthen, healthcare concept. caption
Jakarta -

Hai, Bunda! Bagaimana puasa Ramadhan tahun ini, lancar kan? Atau lagi kebingungan, gara-gara pakai alat kontrasepsi yang harus diminum? Jika Bunda pengguna pil KB kombinasi dan berpuasa, simak yuk saran dokter berikut ini.

Dijelaskan dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr.Darrell Fernando, Sp.OG., pil kontrasepsi kombinasi adalah metode hormonal yang mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron. Bunda perlu tahu, pil ini harus diminum setiap hari di jam yang sama.

"Tidak boleh lupa minum pil, jadi kurang cocok bagi yang pelupa," kata dokter Darrell, dalam jurnal yang diterima HaiBunda.


Dokter Darrell menambahkan, pil KB kombinasi aman digunakan dalam jangka panjang. Tapi, bila ingin menunda kehamilan lebih lama, Bunda disarankan memilih metode lain yang jangka panjang. Saat mengonsumsi pil KB ini, haid tetap teratur dan darah lebih sedikit.

"Setelah berhenti minum pil, kesuburan langsung kembali," ujarnya.

Konsumsi pil KB saat puasa

Sebagian Bunda mungkin masih bingung, kapan waktu yang tepat minum pil KB selama puasa Ramadhan. Dokter Darrell menyarankan, Bunda mengonsumsi pil KB pada jam yang mudah diingat dan sama setiap hari, yakni sebelum tidur dan saat sahur.

Nah, bagaimana jika lupa minum pil sampai 24 jam lebih? "Bila terlewat satu pil KB, minum satu pil sesegera mungkin, lalu pil berikutnya sesuai jam seharusnya pada hari tersebut," dokter Darrell menjelaskan.

Bila terlewat dua pil KB, dokter Darrell menganjurkan, Bunda harus minum dua butir pil setiap hari, sampai kembali lagi ke jadwal semula. Ingat, gunakan perlindungan ganda (kondom) atau jangan melakukan hubungan seks selama tujuh hari.

Perhatikan juga Bunda, bila sebelumnya mengonsumsi pil KB pada pagi atau siang hari, saat pertama kali mengganti jam bisa ke sore hari setelah berbuka puasa atau makan malam. Bisa juga ke waktu sahur.

"Perhatikan perubahan jam konsumsi pil tidak lewat dari 24 jam," dokter Darrell mengingatkan.

Woman hands opening birth control pills in hand on the bed in the bedroom. Eating Contraceptive Pill.

Jika ingin lancar menggunakan pil KB, Bunda simak tips dokter Darrell berikut:

- Konsultasi terlebih dahulu ke dokter atau bidan, mengenai pemilihan alat kontrasepsi yang cocok dengan kondisi medis dan gaya hidup.

- Ketahui jenis (merek) pil KB yang dikonsumsi beserta kandungan hormon di dalamnya. Jenis dan dosis hormon estrogen berbeda-beda pada berbagai merek pil KB.

- Pilih jam konsumsi pil yang mudah diingat. Bila perlu pasang reminder di handphone untuk mengingatkan minum pil.

Lebih lanjut, dokter Darrell juga memberikan tips tetap fit saat puasa Ramadhan:

1. Konsumsi air putih 8 - 10 gelas selama jam berbuka puasa.

2. Batalkan puasa dengan makanan atau minuman manis, tetapi setelahnya tetap harus konsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang (tidak kenyang oleh takjil).

3. Konsumsi vitamin sesuai kebutuhan, seperti multivitamin.

4. Bila sering merasa lemas atau pusing, sebaiknya:
- Periksa Hb ke laboratorium untuk mengetahui ada atau tidaknya anemia.
- Suplementasi zat besi, misalnya dengan vitamin. Bila sedang konsumsi pil KB, bisa memilih pil yang juga mengandung zat besi (Fe).

Jika Bunda ingin konsultasi langsung dengan dr.Darrell Fernando, Sp.OG., yuk klik di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi