sign up SIGN UP search


kehamilan

Pilihan Alat Kontrasepsi Terbaik, KB atau Kondom Ya Bun?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 15 Apr 2021 16:55 WIB
young woman holding a birth control pills and a condom caption

Jakarta - Memilih alat kontrasepsi yang cocok memang tidaklah mudah ya, Bunda. Seringkali, Bunda perlu mencoba beberapa metode kontrasepsi hingga akhirnya menemukan kecocokan.

Setiap Bunda memang memiliki kecocokan terhadap metode kontrasepsi yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, sangatlah penting Bunda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan metode kontrasepsi terbaik untuk digunakan.

"Banyak orang sering salah paham bahwa semua metode KB sama dalam hal perlindungan. Tetapi itu tidaklah benar. Beberapa bekerja lebih baik dari yang lain," kata Dr Nancy Stanwood, MD, MPH, Kepala Keluarga Berencana di Yale Medicine, dikutip dari laman Yale Medicine.


Stanwood menambahkan, dirinya kerap memberitahu pasien bahwa selain sterilisasi permanen, yang paling memberikan perlindungan ialah alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) atau implan lengan. Keduanya memiliki risiko kehamilan kurang dari 1 persen dalam setahun.

Banner Anak Oki Setiana Dewi

Metode kontrasepsi lainnya yang lebih umum digunakan yakni pil KB, suntikan, patch lengan, dan cincin vagina yang memiliki tingkat kegagalan sekira 10 persen dalam setahun. Stanwood mencatat bahwa masalahnya bukan pada metode tetapi bagaimana penggunaannya.

"Kami tidak sempurna, kita manusia, dan metode itu mengharuskan kita mengingat banyak hal. Untuk orang-orang dengan kehidupan yang sibuk, cara-cara itu mungkin tidak ideal," tambahnya.

Melansir dari Planned Parenthood, satu-satunya cara yang bisa menjamin 100 persen pasti untuk menghindari kehamilan ialah dengan tidak melakukan hubungan seks penetrasi atau melakukan hal-hal seksual di mana sperma bisa masuk ke vulva atau ke dalam vagina.

Tetapi, jika Bunda melakukan hubungan seks vaginal, cara terbaik untuk mencegah kehamilan ialah dengan menggunakan metode KB yang sangat efektif seperti IUD atau implan plus kondom.

Beberapa jenis metode kontrasepsi bekerja lebih baik daripada yang lain. Jenis kontrasepsi yang bekerja paling baik untuk mencegah kehamilan ialah implan atau IUD. Keduanya juga paling nyaman digunakan dan paling aman.

Informasi selengkapnya, klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda juga bisa menyimak mengenai KB sanggama putus dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

JENIS METODE KONTRASEPSI TERBAIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi