sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Simak Bun, Cara Pilih Alat Kontrasepsi Paling Efektif Cegah Kehamilan

Muhayati Faridatun Rabu, 02 Dec 2020 13:47 WIB
Oral contraceptive pill on pharmacy counter with colorful pills strips background. caption
Jakarta -

Salah satu cara mencegah kehamilan adalah penggunaan alat kontrasepsi atau KB. Apakah Bunda masih bingung memilih alat kontrasepsi yang tepat digunakan?

Dijelaskan Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan) dr.Valleria, Sp.OG., alat kontrasepsi dibedakan jadi dua bagian besar. Yakni kontrasepsi mantap atau permanen, dan kontrasepsi non-permanen.

Perlu Bunda tahu, contoh kontrasepsi permanen adalah tubektomi untuk wanita, dan vasektomi untuk pria. Prosedur tubektomi bertujuan menghalangi sperma masuk ke tuba falopi. Sel-sel telur juga tidak akan bisa memasuki rahim, sehingga tak bisa dibuahi.


Sedangkan prosedur vasektomi adalah operasi kecil yang dilakukan untuk mencegah perjalanan sperma pada testis dan penis. Jadi, penyaluran sperma pada air mani akan terputus, Bunda. Inilah salah satu cara mencegah kehamilan secara permanen.

Sementara itu, cara kontrasepsi non-permanen bisa bermacam-macam, baik dengan atau tanpa alat khusus. Dokter Valleria mengatakan, cara tanpa intervensi khusus disebut kontrasepsi alamiah.

"Contohnya KB kalender atau pantang berkala, dan sanggama terputus atau coitus interuptus," katanya kepada HaiBunda.

Lalu, kontrasepsi yang menggunakan intervensi, lanjut Valleria, ada yang memakai hormon dan menggunakan alat. Contoh yang memakai hormon yakni pil, suntik, susuk, dan LNG-IUS (mirena). Sedangkan alat kontrasepsi non-hormonal yakni kondom dan IUD.

Dokter Valleria mengingatkan, setiap alat kontrasepsi memiliki aturan pakai masing-masing. Kalau dipakai sesuai aturan pakai dan Bunda memperhatikan kontra indikasi, maka efektivitas semua alat kontrasepsi relatif sama.

"Untuk memilih kontrasepsi, harus sesuai kemampuan kita untuk mematuhi aturan pakai dan memperhatikan kontra indikasi," ujarnya.

Nah, Bunda ingin tahu lebih lanjut tentang perbedaan alat kontrasepsi hormonal dan non-hormonal? Adakah efek samping yang ditimbulkan? Klik NEXT yuk untuk baca selengkapnya.

Simak juga alasan pil KB harus diminum setiap hari, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Shaheer Sheikh dan Ruchikaa Kapoor
Beda alat kontrasepsi hormonal dan non-hormonal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi