sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Cara Menghemat Susu Agar Tidak Boros, Kuncinya Adalah di Penyimpanan Bun!

Zika Zakiya Selasa, 29 Jun 2021 12:10 WIB
Anak Minum Susu caption
Jakarta -

Susu bubuk yang sudah dibeli jangan sembarang disimpan, Bun. Sebab, salah-salah nyimpen, malah akan membuat susu menjadi keras dan tidak lagi bisa digunakan.

'Kan sayang uangnya ya, Bun?

Dikutip dari dari Utah State University, Amerika Serikat, susu bubuk wajib disimpan di tempat yang tidak memiliki kelembapan dan oksigen. Maka itulah ia harus disimpan dalam tempat yang kering agar bisa lebih tahan lama.


Banner Resep Masakan Rendah KaloriFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Ada lagi, Bun lima tips agar susu lebih hemat sehingga pengeluaran pun lebih cermat. Di antaranya sebagai berikut;

1. Simpan di tempat dingin dan kering
Sebaiknya Bunda menyimpan susu bubuk di dalam kulkas. Tapi ingat, jangan simpan di wadah yang bening ya, Bun.

Melainkan simpan di wadah yang kedap dan tidak tembus pandang. Cara ini bisa membuat susu lebih tahan lama sehingga menghemat pengeluaran.

2. Sesuaikan rasio jumlah susu dengan air
Dilansir Parenting First Cry, jumlah susu dengan air yang akan dicampur harus sesuai dengan rasio yang tertera di boks pembungkus. Ini akan membuat kualitas susu sesuai dengan porsi ideal yang disarankan (tidak kental, tidak tawar).

Dengan susu yang berkualitas, Si Kecil akan puas sehingga tidak melulu meminta susu berulang-ulang. Kualitas adalah kuncinya, Bun.

3. Disiplin dalam 'jam susu'
Menurut ahli gizi, Dr Marudut BSc MPS, susu merupakan pelengkap kebutuhan nutrisi anak. Minum susu saja nggak membuat kebutuhan gizi anak tercukupi, meskipun susu mengandung gula, mineral, lemak, dan zat lainnya.

Dengan begitu, asupan terpenting untuk anak adalah makanan yang sehat dan bergizi. Jika memang ingin diberikan susu, terapkan disiplin kapan saatnya ia minum susu. Cara ini, selain menghemat pengeluaran, juga akan membuat anak lebih sehat.

4. Panaskan ulang
Mungkin Bunda berpikir,"Memang susu bubuk yang sudah sudah tercampur air bisa dipanaskan?" Jawabannya bisa, Bun!

Asalkan ketika susu yang tersisa diminum itu segera dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan sampai ia dibiarkan berada di suhu ruangan selama satu jam. Jika sudah lewat dari waktu itu maka susu tidak lagi bisa dipanaskan.

Kemudian saat Si Kecil mau minum susu lagi, keluarkan susu dari kulkas. Lalu panaskan air dalam panci dan matikan api setelah panas. Tempatkan botol di dalamnya dan biarkan hangat.

5. Download aplikasi HaiBunda
Lho apa hubungannya, Bun download aplikasi dengan menghemat susu? Karena HaiBunda mau bagi-bagi uang susu untuk Bunda selama lima bulan!

Caranya gampang. Bunda cukup mengisi form yang telah disediakan di aplikasi HaiBunda berupa data diri, berapa total uang susu selama lima bulan, dan alasan mengapa kami harus mengganti uang susu Bunda.

Dua orang Bunda yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa penggantian uang susu selama lima bulan. Jangan lupa ya, Bun pajak ditanggung pemenang.

Acara ini akan berlangsung selama 24 Juni - 15 Juli 2021. Pengumuman pemenang akan kami sampaikan pada 22 Juli 2021.

Tunggu apa lagi, Bun? Yuk, segera download aplikasi HaiBunda, temukan banner promo di menu Community/Komunitas dan isi form untuk mendaftarkan diri. Selamat mencoba, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi