sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Tips Hemat Uang Belanja Susu Anak, Penting Lho Bun

Muhayati Faridatun Senin, 21 Jun 2021 08:10 WIB
girl drinking milk at the kitchen caption
Jakarta -

Si Kecil rutin minum susu? Bunda pusing enggak sih mengatur pengeluaran belanja susu anak? Jangan-jangan, uang belanja bulanan selalu membengkak karena boros di uang susu.

Hmmm, apa kabarnya ya Bunda yang punya anak lebih dari satu? Bubun banget nih! Si Kakak (8 tahun) dan Adik (6 tahun) punya selera minum susu masing-masing dan beda merek pula. Bisa bikin kalkulator error he he he...

Masalah uang belanja memang PR banget, Bunda. Awalnya, Bubun sempat kewalahan mengelola pengeluaran tiap bulan. Gaji Bubun dan suami rasanya kok enggak ada lebihnya, enggak bisa menabung, apalagi punya dana darurat.


Apakah Bunda mengalami juga? Sebagai 'menteri keuangan' di rumah, Bunda tentu harus cermat mengatur pengeluaran. Terutama uang belanja, salah satunya kebutuhan susu anak yang kadang membengkak. Lalu, bagaimana cara tepat mengelolanya?

Disarankan financial planner bersertifikat Putri Madarina, CFP®️, uang susu anak bisa masuk ke dalam pos belanja mingguan atau bulanan. Ini tergantung jenis susunya, Bunda. Untuk susu UHT bisa masuk ke pos mingguan, sedangkan susu bubuk di pos bulanan.

"Susu bubuk bisa per bulan karena jangka waktu konsumsi yang cukup lama. Tapi, untuk susu cair pasteurisasi yang pendek waktunya bisa dibeli mingguan," kata Putri kepada HaiBunda, belum lama ini.

Sesuaikan merek dengan budget

Putri menjelaskan, sebenarnya tidak ada patokan pasti untuk prosentase uang susu anak dari total pengeluaran. Menurutnya, hitungan tersebut tergantung pada kebiasaan anak dalam mengonsumsi susu.

Namun, apabila memberatkan, Bunda perlu mengatur ulang pembagian anggaran yang sudah ada. Tujuannya agar biaya susu Si Kecil tidak jadi beban utama dalam pengeluaran rumah tangga. Putri juga mengingatkan untuk memilih susu dengan harga sesuai budget.

"Sebagai orang tua smart tentu bisa memilih produk terbaik sesuai dengan budget yang dimiliki," ujarnya.

"Saya yakin, susu yang beredar di pasaran memiliki keunggulan masing-masing. Sehingga, orang tua tak perlu khawatir."

Nah, untuk menghemat uang belanja susu anak, Putri memberikan 5 tips berikut ini:

1. Hunting susu dengan harga promo atau isi ekstra pada kemasan.

2. Beli dengan jumlah tertentu di marketplace dan perhatikan ongkos kirimnya.

3. Bunda disarankan juga belanja di hipermarket.

4. Hindari membeli di convenient store atau minimarket karena harga relatif lebih mahal, kecuali dalam keadaan mendesak.

5. Substitusi kandungan gizi susu pada makanan untuk usia tertentu.

"Tentunya bisa memaksimalkan ASI yang memang diciptakan sebagai sumber gizi anak sampai usia 2 tahun," Putri berpesan.

Selamat mencoba tipsnya ya, Bunda. Semoga bermanfaat...

Bunda, simak juga cerita Pinkan Mambo putus urat malu demi beli susu anak, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!