sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Menguak Manfaat AHA & DHA dalam Susu untuk Kecerdasan Anak

Zika Zakiya Jumat, 02 Jul 2021 09:23 WIB
Ilustrasi susu caption
Jakarta -

Tahukah Bunda bahwa susu formula yang dijual di pasaran saat ini merujuk pada regulasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan badan pangan dunia (FAO) yang dituangkan dalam bentuk panduan, Codex Alimentarius? Panduan ini mencantumkan syarat-syarat pembuatan susu formula dan kandungan nutrisinya.

Selain itu, harus disertai juga bukti ilmiah tentang zat-zat tambahan di susu. Namun perlu diingat bahwa kandungan susu formula tidak sama persis dengan ASI ya, Bun. Sebab, teknologi pangan belum bisa membuat susu formula mirip dengan ASI.

Meski demikian, dikatakan Dr.dr.Aryono Hendarto,SpA (K) MPH sebagai Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM Jakarta, manfaat utama susu harus dilihat dari kandungan zat makronutrien dan mikronutrien di dalamnya.


Banner Reaksi Anak UASBanner Reaksi Anak UAS/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Makronutrien bisa didapat tanpa perlu mengandalkan konsumsi susu. Kandungannya bisa dipenuhi dari makanan anak sehari-hari yang berasal dari sumber alami. Sementara mikronutrien lebih relevan jika dikaitkan dengan manfaat susu," tulis dr.Aryono dalam kolom Bersama Dokter di HaiBunda.

Lalu bagaimana dengan susu untuk kecerdasan anak?

Arachidonic Acid (AHA) dan Docosehaxaenoic (DHA) adalah salah satu kandungan penting yang biasanya terdapat di susu formula. AHA dan DHA diklaim bagus untuk kecerdasan.

Awalnya, kandungan AHA dan DHA di susu formula berasal dari algae atau ganggang. Namun ternyata, bahan ini bisa menyebabkan harga susu mahal, sehingga banyak produsen beralih ke protein hewani, Bun.

Saat ini, AHA dan DHA dalam susu yang beredar di pasaran banyak yang dibuat dari sumber protein hewani, yaitu minyak ikan. Dari segi harga, minyak ikan lebih murah dari ganggang.

Nah, apakah Si Kecil masih termasuk anak yang rajin mengonsumsi susu, Bun? Jika iya, HaiBunda ingin bagi-bagi uang susu untuk Bunda kesayangan kami nih.

Caranya? Bunda cukup mengisi form yang telah disediakan di aplikasi HaiBunda berupa data diri, berapa total uang susu selama lima bulan, dan alasan mengapa kami harus mengganti uang susu Bunda.

Dua orang Bunda yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa penggantian uang susu selama lima bulan. Jangan lupa ya, Bun pajak ditanggung pemenang.

Acara ini akan berlangsung selama 24 Juni - 15 Juli 2021. Pengumuman pemenang akan kami sampaikan pada 22 Juli 2021.

Tunggu apa lagi, Bun? Yuk, segera download aplikasi HaiBunda, temukan banner promo di menu Community/Komunitas dan isi form untuk mendaftarkan diri.

[Gambas:Video Haibunda]





(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!