sign up SIGN UP search


parenting

4 Tanda Si Kecil Tidak Cocok Susu Formula Dilihat dari Fesesnya

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 03 May 2021 12:10 WIB
Baby 2 years old drinking milk caption

Jakarta - Tidak setiap anak langsung cocok dengan susu formula yang Bunda berikan. Biasanya, mereka akan memberikan tanda-tanda ketidakcocokan terhadap susu formula (sufor) melalui fesesnya, Bunda.

Ketika anak tidak cocok dengan susu formula biasanya pencernaan mereka akan sedikit terganggu. Tidak saja mengalami sembelit, tetapi juga ada fesesnya mungkin lebih keras dari biasanya. 

"Susu formula lebih kental dari ASI, jadi memang butuh waktu lebih lama untuk melewati saluran cerna," ujar Katherine Williamson, seorang dokter anak di CHOC Children di Orange, CA, seperti dikutip dari laman Parents.


Williamson menambahkan, terkadang molekul lebih sulit dicerna dimana inilah yang menyebabkan pencernaan bermasalah selain juga adanya gangguan sembelit pada anak.

banner doa mantan istri uasbanner doa mantan istri uas/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Ya, konstipasi pada anak yang diberi susu formula memang mungkin saja terjadi. Tetapi, anak Bunda mungkin sebenarnya hanya mengejan atau menderita sakit perut yang dapat menyebabkan tangisan atau ketidaknyamanan. Masalah alergi protein susu, intolentasi laktosa, atau kondisi medis lainnya juga bisa berperan terhadap ketidakcocokan ini.

Melansir Neocate, setiap orangtua tentu akan memperhatikan feses buah hatinya. Apa pun yang tampak tidak biasa tentu akan menyebabkan banyak kecemasan. 

Nah, berikut adalah tanda bayi tidak cocok susu formula dilihat dari fesesnya:

1. Tinja keras

Pada bayi yang diberikan susu formula (susu sapi atau berbahan dasar kedelai) biasanya mereka memiliki feses yang berwarna cokelat atau kuning. Dan, bayi yang diberi susu formula cenderung memiliki tinja yang lebih keras daripada bayi yang disusui, mirip dengan konsistensi selai kacang.

2. Feses berwarna hijau

Sementara pada bayi dengan susu berformula hypoallergenic lainnya, feses mungkin akan berwarna hijau dan seringkali berwarna hijau tua. Konsistensi feses ini seringkali pucat, terkadang berair, atau terkadang berbentuk keras. Bunda pun perlu memperhatikannya lebih detail ya ketika si kecil mengalami hal ini.

Informasi selanjutnya, klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk cara memilih botol susu yang tepat seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



4 TANDA BAYI TAK COCOK SUSU FORMULA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi