sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Tips Pilih Diet yang Cocok untuk Tubuh dari Yulia Baltschun

Mutiara Putri Selasa, 07 Sep 2021 16:31 WIB
Yulia Baltschun caption
Jakarta -

Setiap orang pasti pernah melakukan diet, Bunda. Meski diet yang dilakukan berbeda-beda, namun tujuan dari diet tetap sama yakni untuk menurunkan berat badan.

Nyatanya, pengertian diet sendiri sering disalah artikan nih, Bunda. Kalau selama ini Bunda mengira diet adalah hal yang dilakukan untuk turunkan berat badan, nyatanya diet adalah kegiatan mengatur pola makan.

"Diet sering disalahartikan. Orang yang diet adalah orang yang ingin turunkan berat badan. Nyatanya, diet adalah pola makan yang menjadi kebiasaan. Diet adalah pola makan yang diatur untu menurunkan berat badan," ungkap YouTuber Yulia Baltschun, dalam Instagram Live bersama HaiBunda, Selasa (7/9/2021).


Sebagai seorang yang fokus pada kesehatan tubuh dan diet, Yulia Baltschun mengatakan jumlah diet yang tersebar di seluruh dunia tak bisa dihitung, Bunda. Di Indonesia sendiri, ada banyak diet yang lahir namun tidak jelas asal usulnya.

"Jenis diet kalau harus dihitung seluruh dunia itu ada banyak banget. Banyak diet di Indonesia sendiri yang jenis dietnya yang entah dari mana," katanya.

Banner Putri Ahok dan Puput

Meski begitu, wanita 30 tahun ini mengungkap bahwa semua jenis diet berakar dari tiga makro gizi, Bunda. Yakni lemak, protein, dan karbohidrat.

"Diet itu sendiri berakar dari tiga makro gizi, kan. Protein, lemak, dan karbohidrat. Jadi jenis diet itu sebenarnya cuma ada tiga kalau dari point of view aku," jelas Bunda yang akrab disapa Yulia ini.

"Jadi sebenarnya diet itu hanya ngutik-ngutik dari tiga ini saja. Jadi kalau ditanya diet ada berapa, sumbernya cuma ngutik-ngutik tiga ini tapi namanya bisa kamu branding sesuka kamu," sambungnya kemudian.

Diet bisa dilakukan oleh siapa saja nih, Bunda. Mulai dari Bunda pasca melahirkan hingga Bunda yang sedang menyusui. Hanya saja, Yulia menyarankan agar Bunda yang habis melahirkan untuk memberikan sedikit waktu pada tubuh untuk beristirahat. Bunda juga bisa luangkan waktu paling tidak satu tahun bersama Si Kecil.

Tips pilih diet yang cocok untuk Bunda

Sebelum memutuskan untuk melakukan diet, Bunda perlu tahu terlebih dahulu diet jenis apa yang cocok untuk tubuh, nih. Kalau penasaran, Yulia Baltschun memberikan tipsnya berikut ini.

1. Jangan pangkas makro gizi

Tak hanya untuk Bunda menyusui, namun Yulia Baltschun selalu menyarankan hal yang sama untuk setiap orang yang ingin melakukan diet, Bunda. Menurutnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan memangkas makro gizi di awal diet.

"Aku selalu menyarankan hal yang sama, mulai dari yang basic dulu. Jadi, yang tiga ini (karbohidrat, protein, dan lemak) jangan salah satu dipangkas habis dulu dari awal," katanya.

Memangkas salah satu dari tiga makro gizi bisa jadi membuat diet Bunda terlalu ekstrim, nih. Konsumsilah ketiga makro gizi secara normal, namun turunkan jumlah kalorinya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video mimpi Yulia Baltschun untuk dunia diet Indonesia berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



NAIK LEVEL DAN KOMUNIKASI DENGAN TUBUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!