sign up SIGN UP search


moms-life

Bumbu Dapur Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Simak Yuk Bun

Annisa Afani Sabtu, 04 Sep 2021 11:02 WIB
Modern kitchen shelves with various food ingredients on white background caption
Jakarta -

Program diet biasanya dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu yang lebih sederhana. Tak jarang, beberapa menu bahkan terasa hambar atau kurang bumbu.

Padahal, sebetulnya makanan diet bisa dibuat lebih enak dan nikmat lho, Bunda. Kuncinya yakni menggunakan rempah-rempah atau bumbu dapur tertentu.

Rempah-rempah memang jadi cara terbaik untuk menambahkan rasa pada makanan tanpa menambahkan kalori atau gula. Selain itu, rempah-rempah juga membuat makanan menjadi lebih enak, meningkatkan metabolisme, hingga bantu pembakaran lemak, lho.


Apa saja jenis rempah-rempah atau bumbu dapur apa saja yang bisa membantu saat diet dan dukung penurunan berat badan tersebut? Simak selengkapnya sebagai berikut, yuk.

1. Kunyit

Menurut sebuah studi tahun 2009 oleh Tufts University, kunyit dapat membantu tubuh untuk membakar lemak, Bunda. Dalam penelitian yang dilakukan pada dua kelompok tikus, satu diberi makan kunyit sementara yang lain tidak. Hasilnya, kelompok tikus yang diberi kunyit mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan kelompok lain yang tidak diberi kunyit.

Kunyit adalah bumbu penghangat, yang bisa meningkatkan panas tubuh sehingga dapat meningkatkan metabolisme. Selain menurunkan berat badan, kunyit juga bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh.

2. Kayu manis

Kayu manis dikatakan dapat menahan rasa lapar, mengontrol kadar gula darah, dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, Bunda. Untuk mengonsumsinya, bisa ditambahkan ke oatmeal, mencampurnya ke dalam yoghurt, atau memasukkannya ke dalam teh.

3. Cabai rawit

Cabai rawit juga dapat meningkatkan metabolisme. Semakin baik metabolisme seseorang, maka semakin banyak pula kalori yang bisa dibakar.

Menambahkan cabai rawit ke makanan dapat membantu seseorang membakar hingga 100 kalori per makanan, lho.

4. Jinten

Menambahkan satu sendok makan biji jinten ke semua makanan utama setiap hari dapat membantu membakar lemak tiga kali lebih banyak. Hasil ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita dengan kelebihan berat badan.

Jintan dapat menambah rasa yang enak pada makanan. Seseorang dapat menambahkannya ke hampir semua makanan, termasuk sup, saus, sayuran, kacang-kacangan, dan roti.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, tonton juga alasan Yulia Baltschun yang ajak netizen diet tapi masih makan mi instan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

 

(AFN/AFN)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!