sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Awas Terlilit Utang! Bunda Boleh Ambil Pinjaman Online Asalkan...

Asri Ediyati Kamis, 07 Oct 2021 17:42 WIB
Ilustrasi utang pinjaman online caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memang memberikan dampak luar biasa pada ekonomi. Bunda turut merasakannya? Nah, di tengah kesulitan ekonomi ini, justru marak dengan pinjaman online alias pinjol.

Kita semua bisa memahami bahwa orang butuh uang untuk memenuhi kebutuhan, tapi jika utang lewat pinjaman online dipakai dengan gegabah, urusan bisa makin panjang. Bukan kesejahteraan atau kecukupan yang didapat, malah utang yang melilit.

Kalau kayak gini, menyeramkan banget kan, Bunda? Soal pinjaman online, perencana keuangan Prita Ghozie membagikan tips bijak jika Bunda ingin memakai pinjaman online.


"Aku paham banget, apalagi di zaman pinjaman online kan? Itu memang fenomenanya menarik banget," kata Prita, yang merupakan CEO & Principal Consultant ZAP Finance, saat HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, Kamis (7/10/2021).

"Jadi, fenomenanya itu adalah orang yang mudah sekali menganggap pinjaman online tanpa dia tahu dia pakai buat apa. Dia tuh harus tahu, kenapa dia harus ambil pinjaman online."

Janin Menangis di Kandungan

Menurut CEO & Principal Consultant ZAP Finance ini, alasan seseorang memakai pinjaman online atau pinjol harus didasari dengan kondisi yang darurat. Contohnya, tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit.

"Kan sekarang ada pandemi COVID-19, misalnya sakit untuk berobat dan lain-lain, enggak apa-apa terpaksa mengambil pinjaman online karena perlu istilahnya bayar duluan baru setelahnya entah dari asuransi pemerintah itu enggak apa-apa," ungkap Prita.

Yang kedua, Prita menyarankan, kita mengambil pinjaman online itu untuk bisa produktif, Bunda. Jadi, misalnya kita buka usaha di satu tempat. Penghasilannya tertutup nih, Bunda, lalu kita berencana buka lagi di tempat lainnya dan butuh modal. Nah, kita bisa pakai pinjaman online.

Baca tips lainnya di halaman berikut.

Simak juga kiat bisnis online untuk persiapkan dana pendidikan anak:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS BIJAK AMBIL PINJOL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!