sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kupas Tuntas 5 Mitos Kesehatan Ibu & Anak yang Sering Dipercaya

Tim HaiBunda Rabu, 17 Nov 2021 15:10 WIB
Beautiful mother kissing here little cute baby on her palm. Mother take care her little girl at home. One week newborn girl. Ilustrasi ibu dan bayi baru lahir/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Rachaphak
Jakarta -

Selama ini, banyak sekali mitos seputar kesehatan ibu dan anak yang dipercaya para orang tua. Padahal, jika dilihat dari sisi medis, beda banget faktanya.

Tak sedikit juga mitos kesehatan yang masih diyakini oleh orang tua Bunda. Inilah yang menyebabkan keresahan para bunda zaman now. Bahkan, perbedaan pola asuh gara-gara percaya mitos sampai menimbulkan konflik dalam keluarga.

Nah, demi memecahkan masalah ini, Komunitas Ibu Canggih @Ibu2Canggih mengadakan acara yang bertujuan mengedukasi para bunda di seluruh Indonesia. Lewat webinar, komunitas yang eksis di Instagram ini mengupas tuntas mitos kesehatan ibu dan anak secara ilmiah.


Acara ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-1 Komunitas Ibu Canggih, dengan tema The Power of Ibu-ibu Canggih. Untuk membahas mitos-mitos kesehatan tersebut, hadir juga dokter spesialis anak dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A.

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

Apa saja sih, mitos kesehatan yang dibahas? Bunda simak yuk:

1. Jangan memeras cucian bayi terlalu kencang

Katanya, kalau memeras cucian bayi terlalu kencang, bayi Bunda akan merasa gelisah. Hmmm, benar begitu ya, Dok?

"Bayi gelisah bisa karena lapar, popoknya basah, kegerahan, atau kolik," ujar dokter Nofiyanty, dalam webinar Komunitas Ibu Canggih bertajuk Parenting Canggih untuk Ibu Canggih: Bedah Hoax Kesehatan, pada 6 November lalu.

"Bila Bunda khawatir dengan kondisi bayi, silakan berkonsultasi dengan dokter. Salah satu yang tercepat adalah melalui aplikasi tele medicine."

2. Baru melahirkan dilarang tidur siang

Bubun pernah dengar ada yang bilang, kalau baru melahirkan enggak boleh tidur siang. Katanya, bisa menyebabkan darah naik ke mata. Duh!

"Ini sudah jelas mitos ya. Bunda yang baru melahirkan justru disarankan tidur yang cukup dan kesehatan juga terjaga," dokter Nofiyanty menjelaskan.

Wah, ternyata memang harus banyak istirahat ya kalau baru melahirkan. Tidur siang juga bisa jadi ajang 'balas dendam' karena begadang menyusui bayi. Bisa mengurangi stres juga, Bunda.

Simak ulasan 3 mitos lain di halaman berikutnya yuk.

Bunda, tonton juga soal mitos hamil bayi perempuan dan laki-laki, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

ASI FOREMILK BIKIN BAYI MASUK ANGIN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!