sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Penting Bun, 10 Persiapan Melahirkan & Jadi Orang Tua Baru

Muhayati Faridatun Selasa, 16 Feb 2021 20:35 WIB
Happy expectants. Smiling pregnant woman holding baby shoes on her belly while husband cuddling her from back on bed at home, closeup caption
Jakarta -

Proses melahirkan bisa jadi momen yang ditunggu-tunggu sekaligus membuat deg-degan. Terutama bagi suami istri yang pertama kali menjalani kehamilan dan bakal jadi orang tua baru.

Saat mendekati hari kelahiran Si Kecil, tentu banyak sekali yang harus dipersiapkan. Selain kebutuhan ibu dan bayi, persiapan mental juga sangat perlu dilakukan demi menghindari ketakutan, baik saat menghadapi proses melahirkan, hingga merawat bayi baru lahir.

"Menurut pengalaman saya, wanita yang belajar tentang persalinan akan aktif dalam proses kelahiran mereka sendiri, yang mengarah pada hasil yang baik," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr.Glade B. Curtis, MD, dikutip dari Baby Center.


Terlepas dari proses melahirkan normal atau operasi caesar, ibu hamil tetap harus mempersiapkan diri untuk menjalaninya. Perlu Bunda tahu, studi National Institute of Health menunjukkan, persalinan bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, saat ini membutuhkan waktu 2,6 jam lebih lama daripada 50 tahun lalu.

Nah, agar ibu hamil lebih siap menghadapi persalinan dan tidak gagap jadi orang tua baru, disarankan melakukan tips berikut:

1. Banyak cari tahu soal melahirkan

Ibu hamil bisa mencari tahu soal proses melahirkan dengan berbagai cara. Mulai dari baca buku, artikel dari sumber terpercaya di internet, atau bergabung dengan kelas kehamilan. Disarankan juga untuk mengikuti kelas laktasi untuk mendapat banyak informasi tentang ASI dan menyusui.

"Anda juga bisa mempelajari berbagai cara melahirkan dengan menonton video persalinan, termasuk persalinan normal, epidural, atau dengan operasi caesar," dokter Curtis memberi saran.

2. Pilih bidan atau dokter

Carilah referensi bidan atau dokter dari teman atau anggota keluarga yang sudah berpengalaman melahirkan. Kalau merasa cocok, tentu Bunda akan merasa lebih nyaman dan aman saat melahirkan. Jangan lupa juga untuk mencari referensi dokter anak, disarankan sejak pertengahan kehamilan.

Persiapan lain jelang melahirkan bisa lihat di halaman berikutnya. Ada event menarik yang bisa bumil ikuti lho!

Simak juga manfaat senam hamil, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tanaman Hias AlokasiaBanner Tanaman Hias Alokasia/ Foto: Mia Kurnia Sari
PERSIAPAN PENTING JELANG MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi