sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Yuk Kulik Cara Mencegah Parental Burnout Bersama Psikolog & Maya Septha

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Selasa, 30 Nov 2021 14:10 WIB
Talk Show Junio BundaFest 2021 caption
Jakarta -

Di masa pandemi COVID-19, istilah parental burnout kian populer dan banyak dialami para orang tua. Bunda dan Ayah mengalami juga? Sebelum masalah ini menghampiri, yuk kita ketahui bagaimana cara mencegahnya.

Apa sih parental burnout? Dikutip dari Psychology Today, menurut penelitian di Clinical Psychological Science (2019), parental burnout adalah kelelahan orang tua yang intens, sehingga mengakibatkan perasaan terlepas dari anak-anaknya.

"Muncul juga perasaan ketidakpastian tentang kemampuan mereka untuk jadi orang tua," demikian lanjutan penjelasannya.


Hal ini pun dipaparkan oleh Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi. Lewat Instagram pribadinya, psikolog yang akrab disapa Vera ini mengungkap realita bagaimana jadi orang tua yang positif dan bahagia.

"Pada kenyataannya, Anda tidak sabaran, mudah marah-marah, bahkan melihat segala yang negatif pada anak di rumah," ujar Vera, mengutip akun Instagram @verauli.id.

Bunda mau jadi orang tua yang lebih positif dan bahagia? "Caranya mudah. Pertama, pikirkan deh apa saja yang masih berjalan baik pada anak-anak Anda," jawab Vera.

Banner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 Tahun

Misalnya saja, sampai saat ini Si Kecil masih sehat, tumbuh kembangnya berjalan dengan baik, masih bisa mengikuti kegiatan di sekolah, bermain bersama adik dan kakaknya, bahkan bersedia membantu Bunda di rumah.

"Tuliskan deh, apa yang Anda rasakan. Tiba-tiba, rasanya jadi lebih baik kan?" ucap Vera.

Nah, ayo Bunda, coba terapkan mulai sekarang. Tapi kalau masih ada yang mengganjal, Bunda tanyakan langsung saja ke psikolog Roslina Verauli dalam Talk Show bertema: 101 Cara Bunda Mencegah Parental Burnout.

Ditemani juga oleh Bunda seleb tiga anak, Maya Septha, acara yang didukung Good Time ini akan diadakan di Trans Studio Mall Cibubur, pada Minggu (5/12/2021) mulai pukul 16.00 WIB. Talk Show ini merupakan rangkaian dari event Junio BundaFest 2021, Bunda.

Selain itu, banyak banget acara seru lainnya dan ada hadiah menariknya juga lho! Apa saja? Yuk buruan cek di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!