sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Cegah Burnout, Kapan Bunda Harus Break dari Media Sosial?

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Selasa, 21 Dec 2021 13:04 WIB
New mom stressing out for no reason looking every little thing up on the internet caption
Jakarta -

Istilah parental burnout kini makin familiar ya, Bunda. Karena semasa pandemi, banyak orang tua yang menghadapi tantangan baru dalam pola pengasuhan anak. Apakah Bunda mengalaminya?

Dikatakan Psikolog Anak dan Remaja, Anastasia Satriyo, M.Psi., Psi., wajar saja kalau Bunda merasa jenuh, stres, bahkan sampai mengalami burnout. Hal ini karena Bunda dan Ayah harus menyesuaikan diri dengan kondisi dan aktivitas baru.

Mulai dari mendampingi anak sekolah online di rumah, hingga working from home (WFH) sambil mengurus pekerjaan rumah tangga di saat bersamaan. Tentu hal ini tak pernah Bunda bayangkan sebelum adanya pandemi.


"Tidak adanya boundaries yang jelas, saat kita bekerja dari rumah sambil menemani anak sekolah online, serta keterbatasan dan tekanan lain yang kita alami selama pandemi," ujar psikolog yang akrab disapa Anas ini kepada HaiBunda, Senin (20/12/2021).

Banner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal Garut

Ia menjelaskan, burnout ada tiga kategori yakni ringan, sedang, dan berat. Jika sudah tak sanggup mengatasinya, kita bisa terjerumus ke fase depresi, Bunda. Apalagi, di tengah maraknya gempuran konten media sosial membuat kita merasa tak ada artinya.

Bahkan, ada juga lho yang sampai merasa gagal jadi seorang ibu. Untuk mengatasinya, Anas menyarankan, Bunda perlu berlatih self awareness, self care emosi, serta kesehatan fisik dan mental.

"Jadi, kita tahu kapan butuh break dari media sosial. Perlu juga self-aware, yakni menyadari kalau Bunda lebih gampang tersinggung, lebih gampang insecure karena postingan teman atau orang lain di media sosial, dan lebih mudah marah," tuturnya.

Selain itu, Anas menambahkan, tanda-tanda Bunda memasuki fase burnout yakni lebih sering emosi, merasa lelah mental dan fisik, serta jenuh berkelanjutan.

"Tapi, ada cara-cara self care emosi yang bisa Bunda lakukan untuk memulihkan kondisi," ucapnya.

Bunda mau tahu caranya? Simak yuk obrolan Bubun bareng Bunda Anas dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada hari ini, Selasa (21/12/2021) mulai pukul 19.00 WIB. Tema yang akan dibahas yakni Menjadi Bunda Waras di Tengah Gempuran Media Sosial.

Bagi Bunda yang ingin bertanya seputar tema, jangan lupa join live yaaa...

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!