sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Konten Medsos Bikin Bunda Burnout? Simak Saran Psikolog Yuk Biar Adem

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Sabtu, 18 Dec 2021 14:14 WIB
Baby having a tantrum and fighting with his mother for a smart phone sitting on a couch in the living room at home caption
Jakarta -

Berselancar di media sosial memang jadi me time tersendiri buat para Bunda. Tapi ternyata, konten medsos juga bisa bikin kita burnout gara-gara lihat postingan 'rumput tetangga lebih hijau'.

Para Bunda mungkin punya tujuan masing-masing saat mengunggah aktivitas sehari-hari. Mulai dari hasil masakan, koleksi tanaman hias, pekerjaan, prestasi anak, momen liburan keluarga, hingga bisnis online.

Kadang, unggahan di medsos inilah yang bikin bunda lainnya merasa kecil hati, bahkan sampai burnout atau kesal dan lelah. Ada yang merasa dirinya kok enggak berarti apa-apa sebagai seorang bunda. Seperti curahan hati teman Bubun nih.


"Aku tuh suka insecure lihat postingan teman anakku menang lomba ini, juara lomba itu," ucapnya.

Banner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal Garut

Bunda dua anak ini juga membandingkan dirinya dengan teman-teman sebayanya yang lebih mapan, punya profesi bagus, dan jabatan tinggi. Hmmm... Memang enggak ada habisnya ya kalau melihat kesuksesan orang.

Di satu sisi, kita jadi menganggap diri sendiri gagal. Tapi sebenarnya, Bunda bisa ambil nilai positifnya dengan menjadikan kesuksesan orang sebagai motivasi. Jangan malah jadi burnout dan 'terjebak' overthinking ya, Bunda.

"Wajar untuk merasa cemas. Wajar untuk merasa takut menghadapi esok hari. It's okay to be not okay. Enggak apa-apa untuk merasa enggak baik-baik aja," kata Psikolog Anak dan Remaja, Anastasia Satriyo, M.Psi., Psi, dikutip dari Instagram @anassatriyo.

Psikolog yang akrab disapa Anas ini juga mengatakan, emosi-emosi yang Bunda rasakan dan pikiran-pikiran yang muncul seperti itu adalah hal wajar. Tapi menurutnya, Bunda bisa belajar mengenali emosi dan pikiran, lalu membiarkannya untuk dirasakan dan diterima.

HaiBunda Live

Lebih jelasnya, tanyakan langsung yuk ke Bunda Anas dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, Selasa (21/12/2021), mulai pukul 19.00 WIB. Dengan tema: Menjadi Bunda Waras di Tengah Gempuran Media Sosial, acara ini akan dipandu Prita Daneswari selaku Editor HaiBunda.com.

Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tuliskan di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung. Catat tanggalnya yaaa...

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!