sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kisah Inspiratif Ankatama, Bunda di Balik Podcast Rapot yang Punya Follower Puluhan Ribu

Annisa A   |   Haibunda Kamis, 23 Dec 2021 19:20 WIB
Ankatama Ruyatna Podcast Rapot Ankatama Ruyatna Podcast Rapot / Foto: Annisa Mutiara/HaiBunda
Jakarta -

Wanita dihadapkan dengan banyak kewajiban. Hal itu membuat sebagian Bunda melepas mimpi mereka. Padahal, Bunda tetap boleh berusaha meraih apa yang diinginkan, lho.

Ankatama Ruyatna, eks penyiar yang kini menjadi sosok di balik Podcast Rapot merupakan salah satu contoh Bunda Zaman Now. Mengawali karier sejak di bangku SMA, Ankatama selalu memiliki mimpi yang tak pernah padam meski sudah jadi Bunda.

Wanita kelahiran Swiss, 24 Maret 1988 itu melakoni peran sebagai istri dan Bunda sejak menikah dengan Esha Mahendra. Mereka telah memiliki seorang putra bernama Kion Kelana Mahendra yang kini sudah berusia lima tahun.


Bagi Ankatama, mimpi adalah hal yang membuatnya tetap hidup dan bersemangat dalam menjalani tugas sebagai istri sekaligus Bunda.

"Bunda berhak punya mimpi. Selagi tetap menjalankan tugasnya sebagai Bunda, kita tidak boleh melupakan mimpi karena itu yang bikin kita merasa hidup dan semangat. Kalau tidak ada bahan bakar, bagaimana caranya kita menjalani tugas rumah tangga?" tutur Ankatama di acara Sketsa Bunda Zaman Now Spesial Hari Ibu bersama Good Time dan BRI, Rabu (22/12/2021).

Berkarier sejak remaja, Ankatama membesarkan namanya sebagai penyiar radio. Mimpinya tak berhenti sampai di situ. Ia kini menjalankan podcast sambil menggeluti bisnis dan pekerjaan lainnya.

"Dari radio aku jadi podcast, MC, host online, kemudian ada bisnis food and beverage. Aku mengikuti ke mana Tuhan mengatur rezekiku, tanpa melupakan tugas sebagai Bunda dan istri. Mimpi itu bisa kok diraih, selama kita renungkan baik-baik dengan pasangan," ujarnya.

Sibuk menjadi Bunda yang meraih mimpi, Ankatama tak memungkiri sempat merasa kesulitan. Salah satu hal terberat untuk wanita berusia 33 tahun itu adalah manajemen waktu.

Menurutnya, manajemen waktu adalah hal paling menantang bagi Bunda Zaman Now. Apalagi di tengah pandemi, kegiatan rumah tangga jadi lebih padat dan sibuk.

"Ini masih trial and error sampai detik ini. Solusinya dengan mengatur waktu, buat kesepakatan sama suami. Minggu depan ada agenda apa saja, aku obrolin sama suami. Jadi ketika kita menjalani minggu depan itu sudah tertata dan tidak keteteran," ucapnya.

Ankatama juga tak memungkiri, bahwa tidak semua Bunda dapat meraih mimpi mereka. Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Namun ia berharap agar semua Bunda dapat meraih mimpi mereka di kemudian hari.

"Untuk semua Bunda di luar sana, mungkin tahun kemarin kamu belum sempat mengejar mimpi. Nah, tahun baru adalah saat yang tepat memulai chapter baru. Kalau kamu sempat melepas mimpi dan itu bikin kamu merasa kosong, I guess it's time to get better. Kamu butuh sumbu agar kembali semangat. Isi gelasmu dengan dukungan dari support system kamu," tuturnya.

Bunda, saksikan juga rumpi-rumpi berfaedah bareng Podcast Rapot tentang Bunda Zaman Now:

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!