sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Tips bagi Bunda yang Ingin Mengawali Bisnis dari Safir Senduk

Annisa Afani   |   Haibunda Rabu, 19 Jan 2022 08:44 WIB
Two women selling clothes at online shopping caption
Jakarta -

Bunda memiliki niat dan rencana untuk jalaniĀ bisnis namun bingung cara untuk memulainya? Jika iya, Bunda perlu menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

Untuk diketahui bersama, sebetulnya memulai bisnis itu tak begitu sulit kok, Bunda. Ternyata, modal utama yang paling dibutuhkan adalah dari sisi psikologi, yakni kesiapan mental.

"Sebetulnya membuka dan menjalankan bisnis terutama yang baru pertama kali itu kaitannya lebih erat dengan urusan psikologis dari pada keuangannya," kata Master Financial Planner Safir Senduk dalam Live Instagram HaiBunda, Selasa (18/1/2022).


MenurutĀ Safir, para pemula akan mengalami beberapa hal. Misalnya saja gugup, yang kemudian akan membawa seseorang tersebut untuk fokus ke hal-hal lain.

"Biasanya pada orang yang belum pernah membuka bisnis sama sekali, dianya nanti akan gugup dan takut."

"Saat gugup pikirannya jadi,'Aduh, modalnya kurang', 'Aduh, suami bagaimana', dan seterusnya. Karena gugup itu, kita cenderung mencari alasan," sambungnya.

Nah, Safir juga memberi gambaran kasar untuk Bunda yang ingin terjun ke dunia bisnis, nih. Darinya, ada tiga hal yang perlu diterapkan di jiwa pebisnis. Berikut di antaranya:

1. Perencanaan

Membuat perencanaan mungkin sudah Bunda lakukan, ya? Akan tetapi, perencanaan yang dimaksud harus dalam. Ini termasuk soal beberapa rencana tambahan jika yang utama tak berjalan sesuai harapan.

"Perencanaan yang disiapkan harus benar-benar matang," katanya.

2. Eksekusi

Rencana tak ada artinya jika hanya didiamkan ya, Bunda. Yuk, mulai untuk mengeksekusikannya secara perlahan dan Bunda tentunya juga harus paham bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut.

"Dia harus bisa mengeksekusinya, menjalankannya, melakukannya," tuturnya.

3. Ambil keputusan

Dengan rencana dan eksekusi, Bunda juga perlu untuk kuat dan mantap dalam mengambil keputusan, ya. Jangan sampai, terlalu banyak berpikir, semuanya jadi berantakan karena terlambat mengambil tindakan

"Sama yang penting harus berani ambil keputusan."

"Jadi kuncinya adalah, kalau mau buka bisnis, harus jelas dahulu bidang bisnis yang akan dimasuki apa, bagaimana memasarkannya, dan yang paling penting berani action jangan lagi cari alasan," ujar Safir.

Simak penjelasan lainnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga lima zodiak paling cuan di tahun 2022 dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

LEVEL PEBISNIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!