sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tips Jitu Menghindari Mommy Wars, Atur Mindset dan Alihkan Pembahasan Bun

Annisa Afani   |   Haibunda Rabu, 09 Mar 2022 11:21 WIB
CARA MENGHADAPI MOMMY WARS
Ilustrasi wanita bertengkar caption

Menghadapi Mommy Wars ini harus dimulai dari diri sendiri ya, Bunda. Psikolog Klinis Dessy Ilsanty, M.Psi mengatakan bahwa hal ini bisa dilakukan dengan mengatur mindset atau pikiran sendiri.

"Mindset-nya harus disetel. Saat masuk dalam komunitas (sesama Bunda), itu berarti atas dasar adanya kesamaan. Jadi jika sudah berada di dalamnya, semuanya menjadi teman. Bukan lagi mencari 'siapakah ibu terbaik'," bukanya.

"Sesama Bunda itu bukan kompetitor. Kita tuh satu tim yang pihak yang sama. Itu mindset yang harus dikunci dulu," sambungnya.


Nah, saat mindset tersebut terbentuk, maka tak ada pikiran untuk saling menyikut atau mengatakan bahwa kita paling benar di antara yang lain. Tak sampai di sana, kita juga perlu terbuka dengan feedback dari Bunda lainnya, jangan langsung bersikap defensif (biasanya muncul ketika melakukan kesalahan tetapi tidak mau mengakui).

Feedback itu bisa dijadikan masukan ya, Bunda. Artinya, masukan pun tak perlu dikritisi. Mau dilakukan boleh, jika tak sesuai pun bisa dihiraukan. Tak perlu ambil pusing.

"Sehingga, saat kita berhadapan dengan Bunda yang lain dan mendapat masukan, itu enggak kita anggap sebagai kritik pedas. Tapi lebih ke sebuah masukan."

"Jadi jangan dari awal sudah siapkan defensif. Tenang saja, itu cuma sharing dan kita anggap sebagai feedback, bukan kritik. Kalau dianggap kritik terus, berarti kita selalu negative thinking."

"Jadi jangan baper duluan. Didengarkan syukur, enggak juga enggak apa-apa. Enggak langsung berpikir 'Oh berarti saya salah, dong?'. Jadi setting-an awalnya, anggap masukan dari Bunda-bunda yang lain adalah cara untuk membuat menjadi pribadi yang baik. Intinya berhusnuzdon (berprasangka baik) sehingga kitanya juga enggak defensif," ," pesannya.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kita terjebak di Mommy Wars? Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

JIKA TERJEBAK DI MOMMY WARS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!