sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Hati-hati Bun! Ini 6 Bentuk Cyber Bullying yang Umum Terjadi Menurut Ahli

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 16 Mar 2022 11:36 WIB
dramatic portrait scared and stressed Asian Korean teen girl or young woman with laptop computer and mobile phone suffering cyber bullying stalked and harassed with internet password hacked caption
Jakarta -

Perkembangan teknologi dapat mempermudah berbagai kegiatan, misalnya saja seperti berkomunikasi melalui sosial media. Sayangnya, sosial media menjadi tempat paling mudah untuk seseorang melakukan cyber bullying.

Menurut UNICEF, cyber bullying merupakan penggunaan alat komunikasi elektronik, sosial media, untuk melakukan bully kepada seseorang, Bunda. Bully ini biasanya dilakukan dengan mengirim pesan yang bersifat mengancam dan mengintimidasi.

Bullying di media sosial juga pernah dirasakan oleh artis sekaligus penyanyi Vicky Shu, Bunda. Vicky merasa kalau dirinya paling banyak mendapatkan cyber bullying ketika hamil dan mengalami penambahan berat badan.


"Bermacam-macam (cyber bullying), bahkan enggak cuma baru-baru ini. Lebih banyak mungkin karena setelah dua kali hamil dan melahirkan dan terjadi pertambahan berat badan yang cukup banyak," katanya dalam Live Instagram bersama HaiBunda, Selasa (15/3/2022).

Seorang praktisi hukum dan pengajar, Lintang Suryaningtyas, S.H., LL.M, mengungkapkan kalau cyber bullying ini pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan bullying pada umumnya.

"Bisa ditemukan di dunia nyata, seperti anak kecil di sekolah, sesama teman. Cyber bullying lebih yang menggunakan sosial media. Pada dasarnya sama saja, karena membuat korbannya merasa tidak nyaman, takut, dan depresi," imbuh Lintang.

Banner Hidup Indra Kenz

Bentuk cyber bullying

Lintang mengatakan setidaknya ada enam bentuk cyber bullying yang kerap terjadi kepada Bunda di sosial media. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Flaming

Flaming merupakan bullying di internet yang berisi pesan teks, Bunda. Biasanya, isi dari bullying ini berupa mengejek hingga mengundang amarah.

"(Flaming) Isinya mengirimkan pesan teks yang isinya mengejek, memprovokasi, menghina, menyinggung orang, dan mengundang amarah," papar Lintang.

2. Harassment

Lintang mengatakan kalau cyber bullying dalam bentuk harassment adalah salah satu kejahatan yang paling sering terjadi pada Bunda, termasuk Bunda menyusui dan Bunda hamil.

"Harassment mengandung kata-kata yang melukai orang atau menghasut dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Misalnya ibu hamil dan menyusui dapat komentar tentang mengurus anak, 'Ah, ngurus anak saja enggak becus'," kata wanita yang juga mengajar sebagai dosen di Universitas Atma Jaya ini.

3. Denigration

Denigration merupakan bentuk cyber bullying yang mengarah pada pencemaran nama baik, Bunda. Lintang bahkan mengatakan kalau hal ini bisa jadi merupakan sebuah fitnah yang disebarluaskan.

"Ini mencemarkan nama baik, mengumbar keburukan orang. Yang lebih parah adalah kalau berupa fitnah. Jadi enggak ada (keburukan atau kesalahan) tapi disebarluaskan," ujarnya.

4. Cyber stalking

Cyber stalking merupakan bentuk menguntit, melacak, dan memata-matai seseorang melalui internet, Bunda.

"Ada juga cyber stalking. Dia memata-matai, mengganggu, dan mencemarkan nama baik si korban itu," jelas Lintang.

5. Impersonation

Impersonation merupakan bentuk cyber bullying yang menyerupai seseorang, Bunda. Biasanya, hal ini sering terjadi kepada para public figure seperti selebriti dan influencer.

"(Impersonation) Dia menyamar jadi orang lain. Ini biasanya banyak akun-akun palsu, akun bodong, yang seolah-olah milik seseorang, apalagi public figure. Isinya itu sangat men-discredit-kan si yang punya nama ini," tutur Lintang.

6. Outing dan trickery

Outing dan trickery merupakan bentuk cyber bullying di mana seseorang menyebarkan rahasia milik orang lain, Bunda. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk cyber bullying yang sering terjadi.

(mua/fir)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!