sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kenapa Ibu Rumah Tangga Rentan Depresi? Yuk Cari Solusinya di Sini

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 30 Mar 2022 16:10 WIB
Shot of a young woman having a therapeutic session with a psychologist caption
Jakarta -

#HaiBunda beberapa waktu lalu, ramai pemberitaan tentang seorang ibu rumah tangga di Brebes, Jawa Tengah, tega menganiaya tiga anak kandungnya. Miris, satu anaknya tewas dengan luka sayat parah di leher.

Setelah diamankan dan diselidiki pihak kepolisian, wanita ini diduga mengalami depresi. Tak dimungkiri ya, Bunda, kita sebagai ibu rumah tangga memang rentan mengalami stres, bahkan sampai depresi.

Menurut Dra. Anisa Cahya Ningrum, Psikolog., banyak hal yang bisa menyebabkan ibu rumah tangga mengalami depresi. Antara lain, Bunda kelelahan mengurus anak dan rumah, enggak dapat bantuan secara fisik dari orang sekitar.


"Penyebab lainnya karena mendapat judgement yang memojokkan, serta perasaan bersalah dan merasa jadi ibu yang tidak baik," ujar Anisa kepada HaiBunda.

Banner Nama Bayi Islami Bahasa Sansekerta

Seperti kasus di atas, depresi yang dialami ibu rumah tangga tak boleh dianggap enteng, Bunda. Dijelaskan Anisa, hal ini bisa mengakibatkan dampak buruk bagi keluarga, khususnya yang dirasakan anak dan suami.

Bunda ketahui yuk, apa saja dampak buruk jika seorang ibu rumah tangga mengalami depresi:

1. Fluktuasi emosi yang merisaukan keluarga
2. Potensi konflik dengan suami
3. Potensi kekerasan kepada anak
4. Potensi kekerasan pada diri sendiri
5. Pengabaian terhadap rutinitas pengasuhan anak dan urusan rumah tangga.

Jika melihat dampak yang bisa dirasakan diri sendiri dan keluarga, lebih baik kita mencegah ya, Bunda. Bagaimana sih cara agar terhindar dari depresi? Yuk konsultasi langsung ke Dra. Anisa Cahya Ningrum, Psikolog.

Kuliah WhatsApp HaiBunda Depresi

Bunda Anisa siap menjawab pertanyaan para bunda dalam Kuliah WhatsApp (Kulwap), pada Rabu (6/4/2022), pukul 19.30 - 21.00 WIB. Bunda bisa bertanya seputar tema yakni: Mengulik Depresi Ibu Rumah Tangga, Apa yang Harus Kita Lakukan?.

Bunda tertarik ikutan? Gratis lho! Buruan langsung daftar di SINI.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!