sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Jadi Ketua Jabar Bergerak, Ini Cara Sonya Fatmala Bagi Waktu Antara Keluarga dan Pekerjaan

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 21 Apr 2022 13:40 WIB
Sonya Fatmala istri Hengky Kurniawan caption
Jakarta -

Setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini, Bunda. Hari Kartini sendiri dirayakan untuk mengingat kembali perjuangan Raden Ajeng Kartini yang merupakan tokoh emansipasi wanita di Indonesia.

Sonya Fatmala, Ketua Jabar Bergerak Kab. Bandung Barat, turut memperingati Hari Kartini ini, Bunda. Ia mengungkapkan kalau Hari Kartini membuatnya kembali bersemangat dan mengingat perjuangan RA Kartini.

"Hari Kartini ini seperti menyemangati kami para perempuan. Seperti mengobarkan emansipasi wanita lagi. Kami mengenang jasa beliau untuk pelopor emansipasi wanita di Indonesia," kata Sonya Fatmala dalam HaiBunda Live spesial Bunda-bunda Jabar Kartinian di Instagram @haibundacom, pada Kamis (21/4/2022).


Sebagai seorang ketua yang memimpin suatu organisasi, Sonya mengungkap kalau sosok RA Kartini membuatnya kembali bersemangat untuk mengemban tanggung jawabnya dalam organisasi.

"Di zaman yang semakin maju ini, perempuan itu rasanya sosoknya sudah tak khas dengan perempuan di rumah saja. Tapi kita jadi lebih semangat lagi untuk memimpin suatu organisasi, suatu daerah. Jadi sangat luar biasa sekali (sosok RA Kartini) buat saya," kata istri Hengky Kurniawan ini.

Instagram Live HaiBunda x DetikJabar Bersama Sonya FatmalaInstagram Live HaiBunda x DetikJabar Bersama Sonya Fatmala/ Foto: Dokumentasi Pribadi HaiBunda

Tak hanya menjadi seorang pemimpin suatu organisasi, Sonya Fatmala juga merupakan seorang Bunda dan istri. Meski memiliki kesibukan yang padat, Sonya tetap menjadikan keluarga sebagai prioritas utamanya.

"Saya selalu titipkan sama teman di organisasi bahwa segala sesuatu yang kita lakukan untuk memimpin organisasi adalah second priority. Prioritas utama kita adalah menjadi Bunda dan menjadi istri. Jadi pintar-pintar me-manage waktu saja, sih," katanya.

Sayangnya, Sonya Fatmala tetap memiliki segelintir kendala dalam mengatur tugasnya sebagai Bunda, istri, dan ketua organisasi. Salah satu masalahnya adalah waktu.

"Kalau aku itu setiap selesai bepergian, berkegiatan, aku selalu membersihkan diri, membersihkan pikiran. Jangan sampai di rumah anak jadi pelampiasan. Itu sih kendalanya kalau di rumah kita harus switch jadi Bunda dan istri yang baik."

"Di waktu juga. Mungkin di Sabtu (dan) Minggu harus meninggalkan keluarga karena ada panggilan, undangan di masyarakat. Jadi anak-anak harus menunggu terlebih dahulu," sambungnya kemudian.

Bunda, Acara ini dipandu dua host, yakni Erna Mardiana (Redaktur Pelaksana Detik Jabar) dan Zika Zakiya (Redaktur Pelaksana HaiBunda). Event ini merupakan kolaborasi HaiBunda dengan Detik Jabar (@detikjabar) dan disiarkan langsung dari The Trans Luxury Hotel Bandung (@thetransluxuryhotel).

(mua/som)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!