sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Tips Persiapan Mudik Bareng Keluarga Biar Nyaman di Perjalanan Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 01 May 2022 17:36 WIB
Happy smiling family with daughters in the car with sea background. Portrait of a smiling family with children at beach in the car. Holiday and travel concept Ilustrasi Pulang Kampung/Foto: Getty Images/iStockphoto/petrenkod
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat nih, Bunda. Kira-kira Bunda yang berencana untuk mudik sudah menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan belum?

Mudik adalah salah satu tradisi di Indonesia yang umumnya terjadi pada saat menjelang Idul Fitri, Bunda. Mudik atau pulang kampung sendiri bertujuan untuk kembali menjalin silahturahmi bersama sanak saudara yang ada di kampung halaman.

Tahun ini, pemerintah mulai memberikan kelonggaran untuk siapa saja yang ingin mudik. Pantas saja kalau menjelang Lebaran, kota Jakarta semakin sepi dan jalan tol mulai dipadati oleh para pemudik.


Salah satu Bunda yang turut mudik di tahun ini adalah seorang momsfluencer, Bunda Nong Niken. Wanita yang berkampung halaman di Aceh ini mengaku senang sekali karena tahun ini bisa menyambut Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

"Mudik dong. Kan setelah pandemi yang hampir dua tahun lebih. Tahun ini insyaAllah mudik," katanya dalam sesi sharing dan talkshow HAMPERS untuk Bunda, Rabu (27/4/2022).

Sesi Sharing Bunda Nong NikenSesi Sharing Bunda Nong Niken/ Foto: Dokumentasi Pribadi HaiBunda

Sebagai seorang Bunda, mudik tentu bukan hal yang mudah bagi Niken. Ia harus mempersiapkan berbagai macam hal agar perjalanannya bersama keluarga bisa nyaman, Bunda.

Tips persiapkan pulang kampung nyaman

Bunda Niken membagikan beberapa tips menarik seputar persiapan mudik yang bisa Bunda praktikkan, nih. Kalau penasaran, berikut ini deretannya.

1. Periksa barang kembali

Menurut Bunda Niken, Bunda harus memeriksakan kembali barang-barang yang akan dibawa, nih. Untuk menghemat tempat dan meringankan tenaga, Bunda bisa keluarkan barang-barang yang memang tidak terlalu penting.

"Kalau seandainya banyak barang bawaan, mending dicek lagi, deh. Penting enggak untuk dibawa? Atau hanya untuk gaya? Mending nanti dulu," katanya.

2. Beli di kota tujuan

Lebih lanjut, Bunda Niken menyarankan agar Bunda tidak membeli segala sesuatunya sekaligus. Kalau ada barang yang bisa dibeli di kota tujuan, lebih baik beli ketika sudah sampai, Bunda.

"Apa saja yang bisa dibeli di tempat tujuan, beli di tempat tujuan saja. Kalau untuk perjalanan darat, misal butuh diapers, bawa secukupnya saja," ucapnya.

3. Pastikan konsumsi anak aman

Untuk Bunda yang mudik dengan membawa Si Kecil, jangan sampai lupa menyiapkan makanannya, ya. Jangan sampai Si Kecil kelaparan di tengah jalan.

"Konsumsi anak-anak itu harus aman. Apa yang anak suka, kalau aku pasti aku bawa. Kalau bisa dibikin aku bikin, kalau bisa dibeli aku beli. Tapi aku meminimalisir yang harus aku beli," imbuh Bunda Niken.

4. Membawa tisu basah

Selain konsumsi, barang-barang penunjang kebersihan anak juga tak boleh terlewatkan nih, Bunda. Niken menyarankan agar Bunda membawa set tisu basah untuk membersihkan Si Kecil.

"Hal yang paling penting lainnya, kalau malas bawa tisu basah, takut jadi sampah, bawa handuk yang bisa dibasahi," ujar Niken.

5. Bawa obat-obatan

Obat-obatan pribadi juga termasuk hal yang wajib disiapkan saat perjalanan mudik ke kampung halaman, Bunda. Untuk Bunda yang membawa anak kecil, Niken mewajibkan Bunda untuk membawa termometer.

"Hal lain yang perlu dipersiapkan ada obat-obatan. Terus termometer penting. P3K harus ada," paparnya kemudian.

(mua/fir)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!