sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Jangan Salah Bun! Ini 3 Cara Mudah Bedakan Produk Herbal Asli atau Palsu

Mutiara Putri Selasa, 28 Sep 2021 16:48 WIB
Woman pouring tea from glass pot into cup, Tea ceremony concept caption
Jakarta -

Ada banyak cara agar Bunda tetap bisa menjaga kesehatan tubuh. Selain mengonsumsi makanan sehat, vitamin, dan juga berolahraga secara teratur, Bunda bisa juga mengonsumsi berbagai makanan dan minuman herbal, lho.

Menurut Dr. (Chand) dr.Inggrid Tania, M.Si (Herbal), herbal adalah segala macam makanan dan minuman yang berasal dari bahan alami, terutama tanaman dan juga tumbuhan. Awalnya yang termasuk ke dalam kategori herbal hanyalah tumbuhan kecil yang tidak berkayu. Kini, istilah herbal sudah mengalami perluasan.

"Makanan dan minuman herbal adalah segala macam makanan dan minuman yang berasal dari bahan-bahan alami, terutama dari tanaman atau tumbuhan, itu bisa kita sebut sebagai herbal," kata dokter Inggrid, dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (28/9/2021).


Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pengobatan secara herbal ini sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang, Bunda. Tak hanya di Indonesia, bahkan seluruh dunia memiliki pengobatan herbal masing-masing.

Banner Journaling Sehatkan Mental

"Sebenarnya tidak hanya Indonesia, ya (yang pakai pengobatan herbal). Di berbagai belahan dunia pun semua memiliki sistem pengobatan tradisional. Dan semua sistem pengobatan tradisional itu menggunakan bahan alami," tutur dokter yang menjabat Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) ini.

Sejak zaman awal peradaban manusia, bahan herbal sudah digunakan untuk memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh manusia, Bunda. Tak hanya itu, seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak penelitian yang membuktikan bahwa berbagai macam herbal bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

Dari penjelasannya, dokter Inggrid mengatakan, ada banyak sekali jenis herbal yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih di masa pandemi ini, Bunda. Ia memberikan tiga jenis herbal terbaik.

"Sebenarnya ada banyak, ya (bahan herbal). Tapi kalau cuma dikasih pilihan tiga dan dilihat dari segala macam penelitian yang ada di Indonesia maupun negara lain di dunia, itu yang sudah banyak diteliti antara lain kunyit, jinten hitam (habbatussauda), dan jahe," ungkapnya.

Perkembangan zaman semakin mempermudah orang untuk melakukan bisnis di media sosial, Bunda. Salah satunya yang banyak ditemui adalah toko online yang menjual herbal seperti jamu.

Sayangnya, banyak penjual yang tidak menerapkan kejujuran, sehingga menjual berbagai produk palsu dan berbahaya. Untuk mencegah Bunda membeli herbal palsu di internet, ada beberapa tips yang dibagikan oleh dokter Inggrid nih.

Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, lihat juga video resep untuk jaga kesehatan otot dan sendi ala Nabi Muhammad berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS BEDAKAN HERBAL ASLI DAN PALSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!