sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Coba Nih Cara Asik Obati Kangen Mudik, Bunda Hemat Keluarga pun Sehat

Muhayati Faridatun Selasa, 11 May 2021 12:55 WIB
Multi generation Asian muslim family gathered for Hari Raya Puasa or Eid-Fitr caption
Jakarta -

Mudik jelang Hari Raya Idul Fitri jadi salah satu budaya keluarga di Indonesia. Tapi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, pemerintah membatasi mudik atau pulang kampung demi alasan kesehatan.

Bagaimana dengan Bunda dan keluarga, apakah Lebaran tahun ini masih enggak bisa mudik? Jangan sedih, memutuskan untuk tidak pulang ke kampung halaman mungkin jadi pilihan tepat. Bubun dan suami juga kok enggak memaksakan diri untuk mudik tahun ini.

Nah, meski bertujuan mempererat tali silaturahmi dengan orang tua dan keluarga, mudik saat pandemi ternyata tidak disarankan dalam Islam, Bunda. Dijelaskan Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., MA, ini berkaca dari kisah Umar bin Khattab.


"Berkaca dari sikap Umar bin Khattab yang memilih untuk tidak meneruskan perjalanan ke Syam dan memilih kembali ke Madinah, karena mendengar ada wabah di Syam," kata Ustazah Lailatis kepada HaiBunda, Senin (10/5/2021).

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Sabda Rasulullah tentang daerah wabah

Ustazah Lailatis melanjutkan, kisah Umar bin Khattab tersebut diperkuat riwayat yang didengar Abdurrahman bin Auf bahwa Rasulullah bersabda:

"Apabila kalian mendengar ada suatu wabah di suatu daerah, maka janganlah kalian mendatanginya. Sebaliknya, kalau wabah tersebut berjangkit di suatu daerah sedangkan kalian berada di sana, maka janganlah keluar melarikan diri darinya."

Dijelaskan Ustazah Lailatis, dari sabda tersebut bisa dipahami bahwa menjaga diri di daerah masing-masing lebih baik untuk kita saat ini. Tentu saja mengingat virus Corona tidak bisa kita lihat dengan kasat mata.

Yang paling dikhawatirkan, Ustazah Lailatis mengatakan, jika saat mudik kita justru menjadi carrier (pembawa virus) bagi keluarga yang kita kunjungi. Lebih baik kita berusaha mencegah sejak dini, daripada menyesal kemudian.

"Walaupun kita mengimani betul bahwa ajal, sakit, rezeki, semua adalah ketentuan Allah," ucapnya.

"Tapi, kita tetap diperintahkan Allah untuk berusaha dan berikhtiar untuk mengurangi sebanyak mungkin akibat negatif dari penularan virus ini. Salah satunya dengan tidak mudik saat Lebaran."

Yaaa, enggak mudik bukan berarti enggak asik kan, Bunda? Pastinya ini demi menjaga kesehatan kita bersama. Jika senasib sama Bubun yang enggak bisa mudik, ada caranya nih untuk mengobati kangen keluarga di kampung halaman.

Baca di halaman berikutnya ya, Bunda. Ada hadiah menarik menanti juga lho.

Simak juga cerita Siti KDI kangen keluarga di Indonesia saat Lebaran di negara asal suami, Turki, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA ASIK OBATI KANGEN MUDIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi