sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Bunda Mau Kuliah Lagi? Ada Pesan Nih dari Dokter RI yang S3 di Amerika

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 20 Dec 2022 09:43 WIB
dr. Davrina Rianda dr. Davrina Rianda, mahsiswi S3 di University of California, Amerika Serikat/ Foto: Instagram @davrinarianda
Jakarta -

#HaiBunda pasti sering mendengar ya pertanyaan ini, "Buat apa sih, perempuan sekolah tinggi-tinggi?". Ternyata, banyak Bunda yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, tapi 'terhalang' banyak hal.

Ada pertanyaan yang mengganggu juga nih, "Apa sih, urgensi seorang ibu melanjutkan pendidikan?". Bunda mungkin belum menemukan jawaban yang tepat, sehingga jadi ragu untuk kuliah lagi.

Berangkat dari kesadaran akan fenomena tersebut, Komunitas Lab Belajar Ibu memberikan wadah untuk mendukung para bunda dan calon bunda. Dalam rangkaian acara Ibu Back to School, ada empat kegiatan seru dan bermanfaat.


Acaranya yakni Sharing Session Instagram Live, Pelatihan, Grand Talk Show, dan Scholarship Day. Sharing di Instagram @labbelajaribu diadakan tiga kali selama Oktober 2022, yang berbagi informasi, pengalaman, dan keresahan para ibu untuk bersekolah lagi.

Selanjutnya, Pelatihan untuk mempersiapkan ibu dan calon ibu yang memiliki rencana untuk melanjutkan sekolah secara formal, baik di dalam maupun luar negeri. Pelatihan ini diadakan selama empat kali selama November lalu.

Lewat Pelatihan ini, para ibu dan calon ibu dibimbing untuk memetakan Life Plan dan Support System, menyusun personal statement dan study plan, serta diadakan juga IELTS Mock-up Test.

Puncak acara yakni Grand Talk Show dengan tema Ibu Sekolah Membangun Peradaban, pada 26 November 2022. Acara ini dibuka dengan inspirational speech yang disampaikan dr. Davrina Rianda, dokter peneliti gizi yang sedang melanjutkan studi S3 di Amerika Serikat.

Dokter yang kuliah di University of California ini berpesan:

1. Pendidikan bagi seorang wanita, khususnya seorang ibu, tidak hanya menambah ilmu untuk dirinya, tetapi juga untuk melatih kepemimpinan, mengembangkan budaya berpikir kritis, dan yang paling penting adalah memberikan kepercayaan diri bahwa seorang ibu bisa menjadi seseorang yang berdampak bagi keluarga maupun masyarakat.

2. Temukan alasan kenapa kita ingin melanjutkan pendidikan. Lalu, apa yang bisa kita lakukan setelah menyelesaikan pendidikan tersebut. Karena nantinya, di dalam proses itu akan ada banyak sekali tantangan. Apalagi, saat harus menyeimbangkan peran sebagai seorang mahasiswa dan sebagai ibu.

3. Kita harus percaya kepada diri kita sendiri bahwa kita bisa dan penting untuk memiliki support system.

4. Tidak perlu terburu-buru dan merasa tertinggal dari teman-teman yang sudah lebih dahulu melangkah. Dengan memiliki waktu lebih, kita jadi punya kesempatan untuk mempersiapkan diri dan menambah pengalaman. Jadi, kita semakin siap saat akan melanjutkan pendidikan.

Setelah itu, ada juga dua narasumber lainnya yakni Sastia Prama Putri, seorang ibu sekaligus Associate Professor bidang bioteknologi di Osaka University, dan Heni Sri Sundani, penggagas Gerakan Anak Petani Cerdas yang juga peraih
Forbes 30 under 30 Asia 2016. Keren!

Event Ibu Back to SchoolEvent Ibu Back to School/ Foto: Dok. Lab Belajar Ibu

Dari talk show tersebut, Bunda bisa mengambil beberapa pesan penting nih:

1. Pendidikan adalah bekal untuk menjadi seorang ibu. Kita adalah madrasah pertama, jadi guru yang baik untuk anak-anak kita. Kita harus membekali diri kita sendiri dengan pendidikan untuk menjadi pendidik anak kita.

2. Sekolah untuk Bunda bisa didapat dari segala jenis pendidikan atau pembelajaran, baik formal atau non-formal. Sehingga, kita tidak hanya belajar di universitas, tapi bisa juga dari semua kanal pembelajaran yang ada.

3. Berprestasi adalah ketika kita memberikan dampak yang maksimal bagi diri sendiri dan sekitar kita. Itu pencapaian yang paling hakiki, Bunda. Ketika prestasi diri bukan untuk memuaskan diri sendiri, tetapi membawa banyak kebaikan, itulah definisi prestasi.

4. Seorang ibu yang bahagia pasti akan bisa memberikan warna kebahagiaan untuk keluarga. Jadi ibu yang baik dan bahagia, serta memiliki kondisi emosional yang baik, merupakan hal yang sangat penting untuk anak-anak kita.

Bunda ingat juga ya, mengejar mimpi merupakan hak setiap manusia, demikian pula bagi para ibu. Yuk, kenali diri dan kebutuhan Bunda, niatkan untuk kebaikan suami dan anak-anak, dan keluarga.

Tetap rajin belajar dan semangat mencari ilmu ya, Bunda!

Simak juga cerita dr. Lula Kamal saat kuliah S2 di London sambil mengasuh anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!