Sign Up search


kehamilan

Jangan Sampai Sakit, Ini Pesan Buat Ibu Hamil yang Mau Mudik

Rabu, 07 Jun 2017 11:37 WIB
Jangan Sampai Sakit, Ini Pesan Buat Ibu Hamil yang Mau Mudik caption
Jakarta - Perjalanan yang panjang plus macet pasti jadi tantangan tersendiri buat ibu hamil yang ingin mudik ke kampung halaman. Belum lagi jika ibu hamil jadi gampang mual dan muntah. Sedikit saja mencium bau menyengat langsung deh bikin isi perut serasa mau keluar.

Nah, agar perjalanan mudik lancar dan aman, dokter punya pesan buat para ibu hamil nih. dr Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK menyarankan Bunda sudah memastikan kesehatan diri sendiri dan calon dedek bayi agar siap mudik. Jadi sebelum pergi, konsultasi ke dokter dulu ya Bun. Soalnya kalau kondisi kandungan lemah atau ada komplikasi, melakukan perjalanan jauh bisa jadi malah membahayakan.

Bayangkan saat lemas lantaran mual dan muntah tapi harus bertahan di kendaraan selama berjam-jam, duh itu pasti menyiksa banget ya Bun. Perjalanan mudik kan seharusnya bikin happy. So, kalau kondisi sedang tidak memungkinkan, lebih baik ditunda dulu mudiknya Bun.


iliustrasi mudik saat hamililiustrasi mudik saat hamil Foto: Thinkstock
Lain halnya kalau kehamilannya sehat dan tidak ada komplikasi, ibu hamil pasti makin berseri bisa berlebaran di kampung halaman. "Tapi pastikan asupan gizi untuk Bunda bisa tetap terpenuhi selama perjalanan, dan pastikan juga Bunda cukup minum untuk mencegah dehidrasi," saran dr Dian alam media gathering 'Mudik Nyaman Bunda Bersama si Kecil' yang digelar SGM Eksplor dan SGM Bunda di Suasana Restaurant, Lantai Ground, Aston Kuningan Suites, Jl Setia Budi Utara Raya, Jakarta Selatan.

Kalau Bunda mudik menggunakan kendaraan pribadi, sebenarnya bisa lebih santai. Karena ketika badan sudah mulai pegal-pegal, bisa melipir sejenak ke tempat istirahat. Luman Bun, peregangan otot bisa mengusir pegal di pinggang dan punggung. Apalagi ibu hamil kan sering banget merasa serba salah kalau duduk terlalu lama.

Lalu pas Lebaran dan kumpul sama keluarga besar, biasanya ada banyak banget makanan. Wah rasanya ingin dimakan semua ya. Tapi jangan sampai lapar mata sehingga dimakan semuanya tanpa memedulikan nutrisi untuk janin di kandungan ya Bun. Kalau ingin makan yang 'jorok' pokoknya harus ingat kalau si kecil juga akan makan makanan yang sama dengan bundanya.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Bunda bisa minum susu serta makan kacang-kacangan dan sayuran hijau. Selain itu zat besi serta asam folat juga jangan dilupakan ya Bun. Sumber asam folat antara lain bisa didapat dari buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

Tetap sehat saat libur Lebaran di kampung halaman ya Bumil cantik! (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi