kehamilan

Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 28 Jun 2017 14:14 WIB
Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil
Jakarta - Huek, huek! Mual muntah sering banget dikeluhkan ibu hamil. Kadang, kita sampai nggak bisa ngapa-ngapain ya Bun karena mual muntah yang dirasa cukup parah. Pengennya, cuma rebahan aja. Hiks.

Kalau ngomongin mual atau muntah waktu hamil, kata dr Hendrivand SpOG sebenarnya ada dua versi nih Bun: fisiologis atau mual muntah yang normal dan patologis, muntah yang nggak normal.

dr Hendrivand bilang wajar kalau ibu hamil itu mengalami muntah dan mual. Tapi, ingat ya Bun nggak semua muntah dan mual yang Bunda alami pas hamil itu harus diobati. Kalau Bunda mengalami mual atau muntah karena penyakit tertentu, baru deh perlu diobati karena itu termasuk gangguan patologis.


Beda lagi kalau mual atau muntah saat hamil itu wajar-wajar aja, dikasih obat pun biasanya akan reda sehari saja dan di hari berikutnya bakal kambuh lagi Bun mual atau muntahnya. Untuk itu, kata dr Hendrivand ikuti saja prosesnya karena mual dan muntah itu adalah salah satu proses pada Bunda yang lagi hamil.

"Dan tidak mungkin juga pada saat proses kehamilan tidak ada yang namanya mual atau muntah," kata dr Hendrivand waktu ngobrol sama HaiBunda.

Nah, untuk mengurangi keluhan mual atau muntah saat hamil, saran dr Hendrivand baiknya Bunda kurangi makan makanan yang bisa merangsang mual kayak makanan berminyak dan pedas. Sementara, untuk meredakan keluhan mual, Bunda bisa minum air jahe hangat atau makan permen jahe.

Kalau kata dr Boy Abidin SpOG (K), keluhan mual dan muntah pada Bunda yang lagi hamil normal terjadi di tiga bulan pertama kehamilan atau usia kandungan 8 sampai 16 minggu.

"Mual terjadi karena peningkatan hormonal saat hamil tapi akan turun karena diambil alih oleh hormon pembentuk plasenta," tutur dr Boy seperti diberitakan detikHealth.

Kalau Bunda, apa nih trik yang dipakai untuk meredakan mual dan muntah saat hamil? Ceritakan yuk Bun di kolom komentar. Siapa tahu, trik dari Bunda bisa bermanfaat untuk Bunda lainnya yang lagi hamil. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi