kehamilan

Benarkah Makan Nanas Saat Hamil Bisa Picu Keguguran?

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 01 Jul 2017 09:14 WIB
Benarkah Makan Nanas Saat Hamil Bisa Picu Keguguran?
Jakarta - 'Ibu hamil jangan makan nanas, nanti bisa keguguran'. Kalimat kayak gitu hampir pernah mampir di telinga Bunda yang lagi hamil ya Bun? Seakan-akan, Bunda mesti 'puasa' makan nanas sampai nanti si kecil sudah lahir.

Ini juga yang terjadi pada sepupu saya waktu menggelar acara tujuh bulanan anak pertamanya. Kebetulan, rujak yang jadi ciri khas acara mitoni (acara tujuh bulanan dalam Bahasa Jawa) itu ada isinya nanas Bun. Meski sepupu saya pengen banget nyicipi rujak itu yang menurut dia kelihatannya segar banget, tapi begitu tahu rujak itu ada nanasnya, sepupu saya nggak jadi makan rujak itu Bun.

"Katanya kalau ibu hamil makan nanas bisa bikin keguguran," kata sepupu saya waktu ditanya kenapa nggak jadi nyicipi rujak. Hmm, apa iya kalau makan nanas bisa memicu keguguran Bun?


dr Aditya Kusuma SpOG dari RSIA Bunda Jakarta menegaskan kalau makan nanas pas hamil bisa bikin keguguran itu cuma mitos. Toh, Bunda juga nggak banyak-banyak banget kan makan nanasnya? Kalau kata dr Adit Bun, prinsipnya semua makanan boleh kok dikonsumsi ibu hamil. Cuma, memang porsinya jangan berlebihan ya Bun.

"Yang penting tahu rasanya, boleh. Selama hamil nggak ada pantangan kok, nggak boleh makan ini itu," kata dr Adit.

Dikutip dari 'Kamus 505 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan dan Menyusui', disebutkan awal mula nanas disebut bisa menggugurkan kandungan karena senyawa bromelin di nanas bisa melunakkan daging yang akan dimasak nih Bun. Jadi, dianggap kalau nanas bisa bikin janin lepas dari dinding rahim.

Padahal, Bunda tahu nggak? Nanas itu kaya akan vitamin C, serat, dan bisa membantu penyerapan zat besi lho. Selain itu, Bunda perlu tahu kalau takaran vitamin C harian itu 1.000 mg per hari dan vitamin C yang berlebih di dalam tubuh nggak menumpuk kok Bun, melainkan dibuang melalui urine.

Sampai saat ini, belum ada data ataupun penelitian ilmiah yang membuktikan kandungan senyawa di dalam nanas bisa menyebabkan keguguran. Tapi, misalkan Bunda kurang yakin, nggak masalah juga kok kalau mau menghindari makan nanas selama hamil. Terutama nanas yang masih muda atau mentah punya kandungan asam yang cukup tinggi sehingga kurang baik nih untuk lambung Bunda.

Jadi Bun, nggak masalah kok kalau Bunda mau mencicipi sepotong nanas dan frekuensinya nggak terlalu sering. Tapi, kalau Bunda memang punya masalah lambung, lebih hati-hati ya Bun. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi