kehamilan

Yang Perlu Bunda Tahu tentang Kaki Bengkak Saat Hamil

Joko Supriyanto Rabu, 05 Jul 2017 10:05 WIB
Yang Perlu Bunda Tahu tentang Kaki Bengkak Saat Hamil
Jakarta - Salah satu perubahan yang dirasakan ibu hamil adalah kaki yang ikut membengkak. Bagi yang baru pertama kali hamil mungkin sempat khawatir dan bertanya-tanya: apakah ini gejala kaki gajah?

Nggak usah separno itu, Bun. Soalnya wajar aja sih mengalami kaki bengkak pada saat hamil. Hmm, tapi apa ya bikin kaki jadi ikut-ikutan bengkak saat hamil?

"Kaki ibu hamil yang bisa bengkak adalah faktor aliran pembuluh darah dari kaki yang terjepit halangannya karena kehamilan atau pada proses kehamilannya, jadi mengakibatkan kebengkakan oleh rata-rata ibu hamil dan kejadian ini adalah normal adanya," jelas dr Hendrivand, SpOG yang berpaktik di RS Permata Depok.


Biasanya nih Bun, pembengkakan pada kaki terjadi saat kehamilan memasuki usia sekitar 7 hingga 8 bulan. Pembengkakan ini seiring dengan janin dalam kandungan yang juga turut membesar. Karena itu, Bunda nggak usah khawatir berlebihan ya.

Cumaaa, ada lho Bun, di usia kandungan yang masih muda kaki ibu hamil sudah membengkak. Nah, kalau kondisinya begini, kita perlu langsung konsultasi ke dokter ahli. Iya Bun, soalnua kata dr Hendrivand, kaki bengkak di kehamilan awal adalah gejala yang nggak normal.

"Bisa jadi kaki bengkak yang dialami ibu hamil ketika kandungannya masih muda karena kurangnya asupan gizi saat kehamilan," sambung dr Hendrivand.

Karena itu dr Hendrivand mengingatkan para bunda yang sedang hamil untuk memperhatikan nutrisi yang diasup. Pastikan nutrisinya cukup untuk bundanya sendiri dan janin yang sedang dikandung. Jangan sampai kekurangan gizi dan pada akhirnya Bunda juga yang sedih. Duuuh. (jos)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi