kehamilan

Tips Memilih Pakaian Tepat bagi Ibu Hamil

Joko Supriyanto Jumat, 07 Jul 2017 14:42 WIB
Tips Memilih Pakaian Tepat bagi Ibu Hamil
Jakarta - Saat hamil, tubuh memang membesar. Tapi ini bukan berarti ibu hamil nggak bisa tampil modis namun tetap merasa nyaman lho.

Nah, dalam memilih pakaian hamil yang tepat, ada beberapa tips yang disampaikan beberapa pakar kesehatan nih Bun. Apa saja? Yuk simak bareng-bareng.

Tips memilih pakaian tepat bagi ibu hamilTips memilih pakaian tepat bagi ibu hamil (Foto: Grafis HaiBunda)
Pakaian ketat mungkin terasa ringan ya. Tapi harus dipahami juga bahwa pakaian ketat bisa bikin ibu hamil jadi nggak nyaman nih Bun.


Kata dr Mirriam Stoppard dalam bukunya yang berjudul 'Ensiklopedia Kehamilan dan Kesehatan', ibu hamil bisa kepanasan akibat memakai pakaian yang ketat. Ini karena aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh lebih cepat daripada sebelumnya.

Tapi apakah pakaian ketat bisa mengganggu perkembangan janin? Nah, kalau kata dr Aryando Pradana SpOG nih Bun, pertumbuhan bayi tidak dipengaruhi pakaian ibunya.

Nah, penggunaan pakaian yang pas atau terlihat ketat sering dikhawatirkan bisa mengganggu perkembangan bayi, benarkah?

"Sebenarnya pembuluh darah besar itu tidak superfisial sehingga letaknya di dalam. Jadi apa yang dikhawatirkan banyak orang, misalnya nanti pertumbuhan bauinya terhambat, itu tidak berpengaruh dengan pakaian ibunya," jelas dr Aryando Pradana SpOG saat berbincang dengan detikHealth.

Tapi juga jangan sampai dipaksakan mengenakan pakaian tertentu yang misalnya tidak bisa dikancing. "Pokoknya selama si ibu merasa nyaman menggunakan pakaian itu, tidak masalah. Tidak ada patokan khusus pakaian seperti apa dengan bahan apa yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Semua kembali ke rasa nyaman masing-masing ibu," ucap dokter yang akrab disapa dr Nando ini, dikutip dari detikHealth.

Tips memilih pakaian te[at untuk ibu hamilTips memilih pakaian tepat untuk ibu hamil (Foto: Grafis HaiBunda)

Mungkin ada Bunda yang bekerja harus datang ke tempat kerja memakai seragam. Nah, kalau perut sudah membesar begini, pakaian seragam tentunya bakal kekecilan dong.

Dalam kondisi ini, jangan memaksakan diri untuk tetap memakai pakaian yang kekecilan. Selain membuat Bunda terlihat kurang oke juga akan bikin nggak nyaman.

dr Mirriam menyarankan begitu Bunda dinyatakan hamil, sebaiknya memberi tahu atasan. Sehingga atasan akan paham soal kesulitan Bunda jika tetap mengenakan seragam pada saat hamil. Siapa tahu Bunda malah diberi uang untuk menjahit seragam baru. He he he he.

Tips memilih pakaian tepat untuk ibu hamilTips memilih pakaian tepat untuk ibu hamil (Foto: Grafis HaiBunda)
Namanya juga lagi hamil, pasti ukuran payudara juga ikut meningkat. Biasanya ukuran payudara meningkat setelah kehamilan memasuki bulan ke-tiga. Karena itu jangan paksakan menggunakan bra yang sudah dimiliki sekarang.

Bunda perlu membeli beberapa bra yang ukurannya lebih besar dari sebelumnya sehingga bisa menopang payudara dengan baik. Bra dengan kait di belakang juga disebut lebih baik daripada yang memiliki kait di depan.

Tips memilih pakaian te[at untuk ibu hamilTips memilih pakaian tepat untuk ibu hamil (Foto: Grafis HaiBunda)
Selain bra, pastikan juga celana dalam bagi ibu hamil yang tepat. Saat ini sudah tersedia celana dalam khusus ibu hamil, yang mana bisa diatur lingkar pinggangnya, mengikuti pertambahan ukuran perut.

Selain itu bisa juga beli tali penopang perut yang bisa membantu mencegah sakit punggung serta ketegangan pada punggung.

Tips memilih pakaian tepat untuk ibu hamilTips memilih pakaian tepat untuk ibu hamil (Foto: Grafis HaiBunda)

Beberapa ibu hamil mungkin ada yang mengenakan kaos kaki saat keluar rumah. Agar nyaman, Bunda disarankan untuk memilih kaos kaki katun yang longgar.

Jangan gunakan kaus kaki yang sintetis karena tidak dapat menyerap keringat. Bunda juga tidak disarankan memakai kaus kaki panjang karena biasanya kaus kaki jenis ini terdapat karet yang akan menahan di bagian atas betis sehingga dikhawatirkan bisa mengakibatkan varises. (jos)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi