sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Ingin Makan Keju? Perhatikan Dulu Hal Ini, Ya

Asri Ediyati Jumat, 22 Sep 2017 07:00 WIB
Doyan makan keju, Bun? Tapi kalau Bunda lagi hamil, ada yang perlu diperhatikan nih. caption
Jakarta - Sekarang makanan 'kekinian' banyak banget yang pakai topping keju. Nggak sedikit juga yang mencampurkan keju ke salad. Sebelum hamil, mungkin kita nggak terlalu selektif dalam memilih makanan termasuk jenis keju. Tapi, saat hamil sebaiknya kita perlu mempertimbangkan dan memperhatikan jenis keju yang kita ingin konsumsi, Bun.

Menurut Sasha Watkins RD BSc MA MBDA, pakar diet dan direktur The Food Coach di London, keju memang sumber kalsium dan beberapa jenis keju aman dikonsumsi saat hamil. Namun, ada juga jenis keju yang berisiko membahayakan janin, karena mengandung bakteri seperti Listeria.

Baca juga: Nutrisi Penting Ibu Hamil Agar Janin Bebas dari Risiko Kecacatan

"Jenis keju 'basah' yang berasal dari kambing seperti brie, camembert dan blue cheese tidak aman dikonsumsi ibu hamil. Keju-keju tersebut berasal dari susu yang tak dipasteurisasi. Hal ini membuat keju 'basah' dan tak asam dibandingkan jenis keju lainnya. Kondisi seperti itu yang memungkinkan bakteri jahat tumbuh," kata Watkins dikutip dari Baby Centre UK.


Seberapa jahat sih si Listeria ini? Menurut Karyn Morse MD, dokter kandungan dari Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles, Listeria dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Kondisi ini dinamakan Listeriosis. Di mana, gejalanya sama seperti flu atau bahkan pada beberapa kasus nggak menunjukkan gejala.

Baca juga: Apa Sih Makanan yang Perlu Dipantang Ibu Hamil?

"Saat hamil sebaiknya mengonsumsi keju yang berasal dari susu pasteurisasi. Dalam proses pastaeurisasi, bakteri patogen termasuk Listeria akan mati," kata Morse dikutip dari Parents.

Lalu, keju yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil apa? Nah, yang aman dikonsumsi adalah keju-keju yang berbahan dasar susu yang telah dipasteurisasi. Contoh keju yang aman untuk ibu hamil dan umumnya tersedia di pasaran di Indonesia adalah cheddar, mozarella, chesire, ricotta dan parmesan. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi