kehamilan

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ibu Hamil Konsumsi Keju

Amelia Sewaka Senin, 07 Jan 2019 15:31 WIB
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ibu Hamil Konsumsi Keju
Jakarta - Keju adalah sumber kalsium yang bagus untuk wanita hamil. Tak sedikit lho, ibu hamil alias bumil ngidam keju saat hamil. Ini mengindikasikan, bahwa Bunda butuh protein dan kalsium ekstra untuk si calon buah hati.

Keju memang menjadi sumber kalsium yang kaya bersamaan dengan protein dan vitamin B. Keju juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Bunda dan membantu perkembangan bayi dalam janin. Eits, namun ada catatan penting nih, Bun, bahwa tak semua keju bisa Bunda konsumsi lho.

Jenis keju lunak seperti keju feta, keju kambing, brie, Camembert, keju biru, dan fresco atau queso blanco Meksiko lebih cenderung dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi. Daripada keju yang lebih keras seperti cheddar atau Swiss. Dan keju lunak inilah yang ternyata berbahaya untuk para bumil.

"Ada kemungkinan keju lunak ini mengandung listeria, bakteri yang seharusnya terbunuh selama pasteurisasi. Infeksi dari bakteri ini dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur," kata Karyn Morse, MD, seorang ob-gin di Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles, dilansir Parents.




Kelly Jackson, MPH, seorang ahli epidemiologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menambahkan, jika wanita terkontaminasi penyakit dari bakter, persentasi bayi ikut terinfeksi juga lebih besar. Bahkan bisa mengakibatkan kematian.

"Bayi baru lahir yang terinfeksi bakteri dapat menjadi sangat sakit mulai dari meningitis atau terkena infeksi aliran darah. Hampir 6 persen dari mereka akan mati," tutur Kelly.

Jika Bunda terinfeksi listeria, maka Bunda bisa kena listeriosis. Ini menyebabkan gejala seperti flu beberapa minggu setelah kita terpapar bakteri, meskipun mungkin tidak terlihat memiliki gejala sama sekali.

Listeriosis biasanya merupakan penyakit yang cukup ringan untuk calon ibu yang sehat. Namun, listeriosis dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi bayi yang belum lahir. Bahkan dapat menyebabkan keguguran. Lalu, sekitar satu dari lima kasus bayi meninggal saat lahir.

Duh, serem kan, Bun. Karena itu HaiBunda berikan referensi keju yang aman dan tidak aman untuk bumil konsumsi seperti dikutip dari Parenting. Cek halaman selanjutnya ya Bunda.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi