sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Mengonsumsi Cream Cheese, Aman Enggak Sih?

Haikal Luthfi Selasa, 19 May 2020 09:08 WIB
campuran cream cheese Foto: iStock
Jakarta -

Ngidam merupakan sesuatu hal yang sering terjadi dalam masa kehamilan. Tak sedikit kisah ibu hamil meminta suaminya untuk dibelikan makanan tertentu yang diinginkan ketika sudah larut malam.

Kejadian ngidam yang kerap terjadi, yaitu ngidam dengan makanan manis. Seperti yang terjadi pada model kenamaan, Gigi Hadid. Dalam sebuah video wawancara, model itu ngidam roti bagel lengkap dengan isian cream cheese.


Tak sedikit makanan yang menggunakan keju sebagai topping-nya. Salah satunya cream cheese. Akan tetapi, seberapa amankah ibu hamil mengonsumsi cream cheese?

Dilansir dari laman HealthLine, pada dasarnya mengonsumsi keju lunak seperti Brie, Camembert dan Chevre tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Namun lain halnya dengan cream cheese.

Cream cheese atau krim keju biasanya terbuat dari krim, meskipun bisa juga dibuat dari kombinasi krim dan susu. Krim tersebut dipasteurisasi (proses pemanasan pada suhu tertentu) dengan menambahkan penstabil dan pengental makanan agar memberikan tekstur lembut pada proses akhirnya.

campuran cream cheesecampuran cream cheese/ Foto: iStock


Seperti yang diketahui, proses pasteurisasi bertujuan untuk membunuh bakteri jahat penyebab penyakit termasuk bakteri listeria yang berbahaya bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti bayi, manula dan ibu hamil.

Dan seperti kebanyakan keju pada umumnya, cream cheese mengandung lemak. Akan tetapi lemak bukanlah musuh ketika Bunda sedang hamil. Malahan lemak dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

Perlu diingat juga Bunda bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik seperti halnya mengonsumsi cream cheese terlalu banyak. Sebab kelebihan lemak dapat beresiko meningkatkan penyakit diabetes gestasional.

Intinya, ngidam itu sah-sah saja, asalkan tidak berlebihan dan tentunya tidak pada makanan yang itu-itu saja. Karena selama hamil, Bunda memerlukan asupan nutrisi yang seimbang.


Simak juga Bun, resep cheese cake brownies pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi