sign up SIGN UP search


kehamilan

Mimpi Hamil, Apa Artinya Ya?

Nurvita Indarini Jumat, 22 Sep 2017 18:29 WIB
Pernah nggak mimpi hamil, padahal nyatanya lagi nggak hamil? Apa artinya ya? caption
Jakarta - Mimpi adalah bunga tidur yang bisa datang dengan berbagai macam rupa. Salah satu yang sering dialami adalah mimpi hamil meskipun sebenarnya nggak lagi hamil. Pertanda apakah gerangan?

"Saya pernah telat menstruasi beberapa hari dan suatu malam mimpi hamil. Keesokan harinya saya langsung beli test pack di apotek sama suami. Hasilnya? Jeng jeng... negatif. He he he he," tutur Rina, salah satu sahabat HaiBunda.

Ally Mead, seseorang yang telah mempelajari analisis mimpi di Institut Jungian, Los Angeles, memberikan penjelasan soal ini. Kata Ally, seorang perempuan yang mimpi hamil cenderung menginginkan sesuatu yang sifatnya kreatif, misalnya ingin punya proyek kreatif baru yang menarik. Bisa saja cuma proyek renovasi rumah atau membuat karya artistik berskala besar. Demikian dikutip dari Huffington Post.


"Saya menemukan orang-orang yang belum mencapai tujuan dan keinginan biasanya mimpi tentang kehamilan. Misalnya seseorang yang ingin bertindak tapi ternyata lebih memilih jalan yang aman," jelas Ally.

Baca juga: Gigi Anak Bergemeretak Saat Tidur, Kenapa Ya?

Mimpi hamil memang umum dialami perempuan. Sekitar 70 persen perempuan pernah mimpi hamil. Tapi nyatanya laki-laki juga memimpikannya lho, misalnya memimpikan pasangannya hamil. Kehamilan juga merupakan sesuatu yang universal, di mana tidak dibatasi budaya atau etnisitas.

Namun menurut Ally, kadang mimpi itu juga bersifat harfiah. Jadi kita mimpi hamil dan nyatanya memang hamil. Terkadang mimpi hamil juga berarti ada sesuatu yang tertinggal, tak terekspresikan atau belum terwujud di dunia nyata.

Kepada Bustle, Ally menuturkan mimpi tiba-tiba hamil juga berarti bahwa suatu aspek dalam kehidupan personal yang bersangkutan tumbuh dan berkembang. Namun bisa juga berarti ada ketakutan akan tanggung jawab baru.

Mimpi kehamilan merupakan metafora dan simbol yang umum terkait dengan keadaan emosional, spiritual, psikologis, dan interpersonal kita. Sering kali mimpi hamil tidak ada hubungannya dengan akan segera menjadi orang tua, memiliki anak lagi, atau terkait kesuburan sistem reproduksi kita.

Baca juga: 6 Bahasa Tubuh Balita dan Artinya

Pakar mengatakan mimpi merupakan refleksi terhadap emosi yang kita rasakan sehari-hari saat beraktivitas. Mimpi terjadi saat fase tidur dalam, di mana otak dan tubuh berada dalam keadaan rileks dan terkoneksi dengan baik ke alam bawah sadar.

Bila sering merasa cemas, kecemasan itu bisa masuk dalam alam bawah sadar dan terbawa saat tidur. Di sisi lain, kebahagiaan yang dirasakan juga bisa mencetuskan mimpi yang indah dan nyaman.

Penahkah Bunda mengalami mimpi hamil? (Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi