kehamilan

Ibu Hamil Olahraga Lari? Boleh Nggak Ya

Amelia Sewaka Sabtu, 04 Nov 2017 15:00 WIB
Ibu Hamil Olahraga Lari? Boleh Nggak Ya
Jakarta - Kalau lagi hamil memang semua tindakan yang dilakukan pasti penuh dengan pertimbangan ya, Bun. Termasuk soal memilih olahraga. Kalau lari boleh nggak ya?

"Ibu hamil kalau mau olahraga sebaiknya memang jangan berolahraga lari. Olahraga seperti lari atau kegiatan yang menghentak lebih baik diminimalkan saat hamil," papar dr Boy Abidin SpOG, yang ditemui di sela-sela acara CT Arsa Charity Fun Run di Lapangan Sunburst BSD Tanggerang, Sabtu (4/11/2017).

dr Boy mengatakan ibu hamil memang harus tetap bergerak, namun lebih baik jika gerakan olahraganya juga nyaman. "Paling mudah supaya ibu hamil tetap aktif bergerak seperti jalan santai berdua suami. Ya kalau udah biasa lari nggak apa, tapi usahakan cukup jogging aja," tutur dokter turut mengisi acara dr OZ Indonesia ini.


dr Boy menekankan yang penting ketika ibu hamil olahraga adalah memakai pakaian yang nyaman. Selain itu, tempat juga aman nggak banyak kendaraan, udara bersih, dan jangan lupa bawa minum biar nggak dehidrasi saat olahraga.

"Pastikan juga, ukur kemampuan diri. Kalau dirasa udah capek jangan paksain dan segera istirahat," kata dr Boy mengingatkan.

dr Boy juga menyarankan akan lebih aman jika ibu hamil yang mau berolahraga lebih baik pada trimester kedua yaitu sekitar usia kandungan 4 hingga 6 bulan. Jika sudah masuk usia ke 7 bulan lebih baik jangan berolahraga berat. Lebih baik lagi, konsultasi dengan dokter kandungan Bunda ya saat memilih olahraga yang pas agar bisa disesuaikan dengan kondisi Bunda dan si kecil di kandungan. (aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi