kehamilan

Manfaat Olahraga Ringan Saat Hamil untuk Kecerdasan Bayi

Amelia Sewaka Senin, 06 Nov 2017 09:16 WIB
Manfaat Olahraga Ringan Saat Hamil untuk Kecerdasan Bayi
Jakarta - Ibu hamil dianjurkan banget tetap aktif, salah satunya dengan berolahraga. Bahkan, kalau Bunda melakukan olahraga ringan aja, itu udah memberi manfaat untuk kesehatan otak si calon bayi lho.

Kenapa penting berolahraga ringan ketika hamil? Menurut dr Boy Abidin SpOG dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, buat ibu hamil dengan berolahraga meskipun intensitasnya ringan, sirkulasi darah bisa lancar sehingga zat makanan juga mudah masuk ke bayi.

"Ada penelitian bahwa ibu hamil yang aktif bergerak atau olahraga ringan maka bayi terlihat lebih cerdas, sehat dan kualitas bayi juga lebih baik," tutur dr Boy ditemui di sela-sela acara CT Arsa Charity Fun Run di Lapangan Sunburst BSD Tanggerang, baru-baru ini.


dr Boy menambahkan, ibu hamil juga perlu konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Nah, ditambah olahraga ringan atau bergerak aktif, aliran darah dan makanan yang diasup ibu jadi mudah dialirkan ke janin dan terserap dengan baik olehnya.

Baca juga: Olahraga Seperti Ini Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Jangan salah, Bun. Gerakan yang kita lakukan bisa jadi bentuk stimulasi untuk calon bayi. Bicara soal stimulasi, kita juga bisa lho memberi stimulasi berupa rangsangan untuk calon bayi.

"Diraba perutnya, diajak ngobrol bayinya. Mengajak komunikasi dengan bayi merupakan salah satu bentuk stimuluasi yang harus dilakukan ketika masa kehamilan," papar dr Boy.

dr Boy menjelaskan, hal itu penting dilakukan karena bayi sudah bisa mendengar di usia kehamilan 18 minggu ke atas. Di usia kehamilan itu bayi juga sudah dapat merasakan apa yang dirasakan ibu serta mendengar kata-kata yang diucap dan didengar ibu.

"Ketika ibu berkomunikasi dengan janin ketika hamil akan terekam oleh otak bayi dan itu akan merangsang pertumbuhan sel-sel saraf bayinya," ungkap dr Boy.

Dikutip dari detikHealth, dr Ulul Albab SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menambahan bahwa ibu hamil harus tetap berolahraga untuk kesehatannya dan juga janinnya. Kata dr Ulul, ibu hamil juga perlu tenaga dan peregangan pelvis yang diperlukan saat melahirkan.

Sebaliknya, beberapa wanita berpikir bahwa olahraga berbahaya pada ibu hamil yang mungkin bisa menyebabkan kelelahan berlebih hingga gangguan pada kehamilannya. Tapi, dr Ulul menekankan kalau Bunda khawatir, konsultasikan saja ke dokter. Jangan sampai kekhawatiran kita jadi alasan untuk malas berolahraga ya, he-he-he.

Mengutip American Academy of Pediatrics, dr Febriansyah Darus SpOG menyebutkan ibu yang rajin berolahraga juga akan memiliki anak dengan tingkat IQ yang lebih tinggi. Karena ketika berolahraga jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga kadar oksigen akan lebih banyak dan terkirim ke bayi dengan lebih maksimal.

Baca juga: Studi: dengan Olahraga Rutin, Wanita Hamil Bisa Kurangi Risiko Diabetes (aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi