kehamilan

Hamil Anak Ke-2, dr Reisa Punya Keluhan Gatal-Gatal di Kulit

Asri Ediyati Jumat, 15 Dec 2017 19:04 WIB
Hamil Anak Ke-2, dr Reisa Punya Keluhan Gatal-Gatal di Kulit
Jakarta - Kondisi masing-masing ibu saat hamil memang berbeda. Nah, seperti yang dialami d yang tengah hamil anak kedua. Host program 'Dr Oz Indonesia' ini punay keluhan gatal-gatal di kulit sejak hamil anak keduanya.

"Kalau di kehamilan yang pertama aku sempat sakit dua kali. Kalau yang kedua ini aku ada masalah pada kulitku. Jadi dari kandungan usia satu sampai lima bulan, kulitku gatal-gatal banget sampai menghitam," kata dr Reisa di acara konferensi pers peluncuran 'Mom's Journey - Beautiful Journey from Brawijaya Hospital', di Senayan City, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

dr Reisa mengaku sering terbangun tiap malam karena gatal-gatal. Ia mencoba untuk tidur lagi tapi sulit. Akhirnya, ia pergi ke dokter untuk berkonsultasi.


"Gatal-gatalku itu akibat PUPPP (Pruritic Uritical Papules and Plaques of Pregnancy), jadi kulitku ruam dan menghitam. Tapi alhamdulillah setelah konsultasi ke dokter kandungan dan spesialis kulit, aku diberi obat dan sembuh," tutur dr Reisa.

Sekilas mengenai PUPPP yang dialami dr Reisa, Bun, ruam pada kulit ini disebabkan oleh pengaruh hormonal dan mekanisme imun. Ruamnya menyebabkan gatal dan rasa terbakar. Ukurannya bermacam-macam ada yang sebesar penghapus bahkan sebesar piring.

Dikutip dari Web MD, ruam biasanya muncul di bagian perut, kaki, lengan dan bokong. Untuk meredakannya, dokter akan memberikan antihistamin. Untuk meredakan keluhan gatal, penanganan yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan mengompres ruam pakai air dingin. Sebelum dikompres, pastikan bagian ruam dibilas lebih dulu pakai air hangat.

Bunda juga punya pengalaman keluhan PUPP saat hamil kayak dr Reisa? Yuk bagikan pengalaman Bunda di kolom komentar.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi